Gubernur Lampung Tinjau Korban Air Pasang di RSUD Kalianda

Berita Utama, Daerah5,634 views

ALTUMNEWS.com, KALIANDA — Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo meninjau langsung korban bencana air pasang, di RSUD dr. H. Bob Bazar, SKM Kalianda, Lampung Selatan, Minggu (23/12/2018).

Pada kesempatan itu, Gubernur meminta seluruh jajaran terkait mengutamakan penanganan tanggap darurat dan fokus pada pelayanan kepada para pengungsi.

Gubernur Ridho juga menyampaikan duka cita mendalam dan korban luka akibat musibah itu. “Pemerintah Provinsi Lampung mendahulukan penanganan tanggap darurat kepada korban jiwa dan pelayanan kepada para pengungsi. Hal itu terus kita lakukan dari semalam, mulai dari makanan, minuman, obat dan kebutuhan keseharian lainnya,” ujar Gubernur.

Gubernur juga menjelaskan hingga saat ini 58 korban jiwa meninggal dunia dan 250 orang luka-luka. “Dari laporan warga, khususnya yang sedang dirawat, masih ada keluarga yang hilang. Sehingga ada kemungkinan jumlah korban jiwa masih bisa bertambah,” jelas Gubernur Ridho.

Ridho menjelaskan dari semalam hubungan antar daerah telah terkonsolidasi, mulai dari jajaran internal Pemerintah Daerah, dukungan BUMN, dan TNI/POLRI untuk melakukan situasi keamanan sehingga tidak terjadi kepanikan lebih jauh. “Segala upaya terus kami lakukan, seperti bantuan makanan, penanganan infrastruktur yang memutus badan jalan, dan penanganan korban jiwa,” jelasnya.

Pemerintah Provinsi Lampung melalui RSUD Abdul Moeloek, lanjut Gubernur, mendukung RSUD Kalianda dengan menggerakkan mobil rumah sakit keliling dilengkapi tim dokter spesialis untuk mencapai daerah yang terparah. “RSUD Abdul Moeloek siap memberikan bantuan kepada RSUD Kalianda dalam menangani para korban jiwa seperti menurunkan sejumlah sdokter spesialis, kebutuhan obat, kamar operasi dan lainnya,” jelasnya.

Tidak hanya itu, Gubernur juga mendukung dan memberikan bantuan lainnya di tempat daerah terjadinya bencana seperti dapur umum, dan kebutuhan kesehariannya, dan penanganan tanggap darurat.

BACA JUGA:  Hadapi Musibah Air Pasang, Pemprov Lampung Imbau Masyarakat Tenang dan Waspada

Dari hasil briefing bersama BMKG, pasang air laut sudah mulai turun dan cukup aman, sehingga masyarakat dapat kembali ke rumah masing-masing. Selain itu, aparat TNI juga bersiaga di lapangan untuk menjaga masyarakat yang kembali ke daerah.***

Editor : Robert