Bantu Korban Bencana Tsunami Kalianda, Komunitas Sepeda Bagoes Bicycle Club (BBC) Lampung Serahkan Bantuan

ALTUMNESW.com, KALIANDA – Bencana Tsunami Selat Sunda yang melanda Lampung dan Banten seminggu yang lalu, tepatnya Sabtu (22/12/2018) membuat trenyuh sejumlah pihak.

Berbagai komunitas pun berbondong-bondong memberikan bantuan bagi para korban terdampak gempa tersebut.

Tak terkecuali komunitas Bagoes Bicycle Club (BBC) Lampung, yang merupakan salah satu grup sepeda tertua di Lampung.

Komunitas ini pun menyerahkan bantuan untuk korban bencana tsunami di Kalianda Lampung Selatan, Minggu pagi (30/12/2018).

“Adapun bantuan ini adalah berupa mie instan 50 dus, air mineral 29 dus, sarden 100 kaleng, pambalut wanita 2 kardus, roti jordan 25 pack, pakaian bekas 3 karung, pempers bayi 2 dus, sabun cuci 2 dus, dan sabun mandi 10 lusim,” kata Ketua Harian BBC, Pusporiyadi, Minggu (30/12/2018).

Menurut Ari Tiga Putri, begitu Pusporiyadi akrab disapa, bantuan langsung diserahkan pada Koordinator Goweser Lampung, Babeh Ruddy di Posko Goweser yang ada di Kalianda, Lampung Selatan.

“Disaksikan juga para goweser yang piket hari ini di sana, salah satunya dari perwakilan club goweser setempat, Ari dari GAK Kalianda,” katanyam

Ari Tiga Putri didampingi Gunarno, Wagini dan beberapa anggota BBC lain.

Ari pun menjelaskan, bila pemberian sumbangan ini merupakan kepedulian komunitas BBC kepada korban bencana di Kalianda, Lampung Selatan.

“Bencana tsunami yang menewaskan ratusan orang dan ribuan orang mengungsi ini sangat mengetuk hati kita. Menjadi kewajiban BBC untuk membantu mereka,” ujarnya.

Menurutnya, penggalangan dana untuk korban bencana Kalianda, dibuka sejak seminggu yang lalu. Adapun penggalangan dana ini dilakukan di internal anggota komunitas dan beberapa dari luar.

Sementara itu, Ketua Umum BBC, Soeharto saat dihubungi terpisah di Bandar Lampung mengaku mengapresiasi kegiatan tersebut.

BACA JUGA:  Tempuh Jarak Ratusan Kilo, BBC Promosikan Pariwisata Lampung

Ia pun mengucapkan terimakasih kepada para donatur baik anggota maupun luar yang telah mempercayakan bantuan untuk warga korban bencana.

“Kami masih terbuka menerima dan akan menyalurkan bantuan masyarakat kepada korban bencana,” pungkasnya.

Sepenggal Mengenai Bagoes Bicycle Club Lampung

Bagoes Bicycle Club Lampung didirikan pada 03 Maret 2010. “Waktu itu club sepeda belum menjamur seperti sekarang ini. Jadi bisa dikatakan, kami termasuk club sepeda gowes tertua di Lampung,” kata Sekretaris Umum BBC, A. Syukri Isa, SE, Ak di Bandar Lampung, Minggu (30/12/2018)

Gowes rutin Bagoes Bicycle Club (BBC). Setiap hari Sabtu dan Minggu, bascamp di depan Mie Aceh Way Halim, Bandar Lampung pukul 06.00 WIB. Foto : Dokumen BBC.

Ide pembentukan club menurut Syukri berawal saat dirinya bersama empat rekan lainnya : Soeharto, Aris, Syahrin dan Banbang gowes bareng di UIN Raden Intan Bandar Lampung.

“Nah saat kami gowes bareng, kami terpikir untuk membuat club gowes. Maka Soeharto yang sekarang menjabat sebagai Ketua Umum bersama Pusporiyadi (Ari Tiga Putri) merancang nama BBC,” jelasnya.

Saat ini menurut Syukri, anggota BBC berjumlah 144 orang dengan visi ‘Gowes itu sehat, satu sepeda sejuta sahabat.

“Sedangkan misi kami mensosialisasikan alat transportasi sepeda ramah lingkungan tanpa polusi udara. Itu tertuang pada akta pendirian, club kami sudah berbadan hukum,” katanya.

Menurut Syukri, tidak hanya ini saja BBC melakukan aksi sosial. “Beberapa waktu lalu terjadi bencana di berbagai daerah, kami juga mengumpulkan donasi bersama club goweser lain di Lampung,” katanya.

Tidak dipungkuri menurut Syukri, BBC dikenal aktif menyelenggarakan serta mengikuti event gowes bersama club yang tergabung dalam wadah “Goweser Lampung.”

“Beberapa waktu lalu, kami menjadi penyelenggara Lampung Bersepeda (LB) seri 17 dan Gowes Bareng (Gobar) seri 1,” katanya.

“Selain itu kami juga konsisten gowes rutin setiap Sabtu dan Minggu. Basecamp kami di depan Mie Aceh Way Halim, Bandar Lampung, kumpul disana jam 6 pagi,” terang Sekretaris Umum BBC ini.

BACA JUGA:  Mati Mesin di Laut Pulau Penjurit, Tim Basarnas Selamatkan 5 ABK dan 1 Kapten Kapal Bagan

Dikatakan Syukri, siapapun bisa bergabung menjadi anggota BBC, tidak ada syarat khusus. Saat ini anggota BBC berasal dari beragam latar belakang suku, agama, ras dan golongan.

“Dari mulai tentara, pegawai negeri, pengusaha, pegawai swasta, wartawan, dll. Syaratnya yang pasti harus memiliki sepeda dan bisa main sepeda,” tutup Syukri dengan tawa lebar.

Berikut Nama-Nama Pendiri BBC Lampung

1.A.Syukri ISA
2.H.Soeharto
3.Bambang Sutopo
4.Mahyaruddin SE
5.Abdurahman
6.Hariri Sanusi
7.Sodarto MD
8.IR Syahrin
9.Thohir Achmad MBA
10.Tip Yani (Alm)

Pengurus Inti Bagoes Bicycle Club (BBC) Lampung

Ketua Umum         : Soeharto
Ketua Harian         : Pusporiyadi
Sekretaris Umum  : A. Syukri Isa, SE, Ak.
Bandahara Umum : Wagini.

***

Editor : Robert