Tim Pertamina Peduli Ajak Pengungsi Kembalikan Keceriaan Anak-anak di Kalianda

ALTUMNEWS.com, KALIANDA — Setelah memastikan seluruh bantuan kebutuhan dasar sudah terpenuhi, kini giliran anggota Tim Pertamina Peduli untuk mengembalikan semangat dan memastikan kembali kesehatan seluruh masyarakat terdampak bencana tsunami yang melanda Lampung Selatan.

“Meski makanan, selimut, dan obat-obatan sudah tersedia, kami juga tetap memastikan kesehatan fisik maupun psikis masyarakat melalui pemeriksaan dari Tim Medis Pertamina Sumbagsel dan juga trauma healing untukanak-anak oleh kawan-kawan Culture Change Agent (CCA) Pertamina Sumbagsel,” papar Region Manager Communication dan CSR Sumbagsel, Rifky Rakhman Yusuf.

Pemeriksaankesehatan dan trauma healing ini dilakukan Pertamina di Posko Pengungsian SMAN 1 Rajabasa, Kamis (3/1). Pada kesempatan ini, masyarakat diperiksa kesehatannya secara umum dengan tujuan untuk melihat kondisi tubuhnya mengingat para pengungsi hidup dalam keadaan terbatas di posko pengungsian.

“Pascabencana, kesehatan dan kekuatan masyarakat menjadi sangat penting untuk diperhatikan. Apalagi jika kita melihat kondisi di lapangan, dimana kondisi tubuh yang tidak bugar bisa mudah terkena penyakit di luar sini. Melalui pemeriksaan ini, tim medis akan mengeluarkan rekomendasi bagi pengungsi agar kondisi tubuhnya selalu terjaga,” kata Rifky.

Sementara itu, puluhan anak-anak di PoskoP engungsian SMAN 1 Rajabasa diajak Imam Fadli, anggota CCA Pertamina untuk mewarnai, bercerita, dan bermain bersama-sama. “Ini adalah bentuk trauma healing yang sederhana untuk mengembalikan keceriaan anak-anak, agar mereka bisa semangat kembali pasca bencana yang melanda,” ujar Imam.

Imam, sebagai relawan yang mendaftarkan diri untuk membantu masyarakat di Lampung mengaku sangat senang ketika kehadirannya berbuah senyum tawa anak-anak yang mengelilinginya ketika beraktivitas bersama.

“Sebuah kesempatan besar bisa membantu saudara kita yang sedang kesusahan, meskipun bantuan yang ditawarkan sangat terbatas seperti ini. Dan mereka, anak-anak ini memberikan saya hadiah yang luar biasa, mereka bersemangat, ceria, tertawa bersama. Mudah-mudahan, berkat sedikit kontribusi kami disini, keceriaan akan hadir kembali di tengah kondisi yang masih terus siaga karena aktivitas Gunung Anak Krakatau,” harap Imam.

BACA JUGA:  Smartfren Permudah Layanan Pelanggan Selama PPKM

Bersamaan dengan pemeriksaan dan trauma healing yang diberikan, Tim Pertamina Peduli juga memberikan kembali susu kemasan siap saji serta kantong plastik sampah agar masyarakat terbiasa menjaga sanitasi di lingkungan posko. Rencananya pada hari ini, Selasa (4/1) juga akan disalurkan bantuan berupa dot untuk bayi, tempat sampah medis, kantong plastik, serta pemberian trauma healing di Posko Kementerian BUMN.***

Editor : Robert