Ketua MIPI Ridho Ficardo Ajak Adeksi Kaji Otda dan Desentralisasi Fiskal

Berita Utama, Daerah1,130 views

ALTUMNEWS.com, MATARAM — Ketua Umum Pengurus Pusat Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia (MIPI) Muhammad Ridho Ficardo mengajak Asosiasi DPRD Kota Seluruh Indonesia (Adeksi) mengkaji otonomi daerah (otda) dan desentralisasi fiskal.

Menurut Ridho, MIPI dan Adeksi perlu memberikan rekomendasi perbaikan atau revisi kebijakan otda dan desentralisasi fiskal di Indonesia.

“Sejalan dengan Undang-Undang No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, DPRD merupakan Unsur penyelenggara Pemerintahan Daerah dan sebagai wahana demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah (pemda). Sebagai penyelenggara pemda, DPRD mempunyai kedudukan yang setara dan memiliki hubungan kerja yang bersifat kemitraan,” kata Ridho Ficardo, pada Rakernas IV Adeksi di Hotel Lombok Raya, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Selasa (26/2/2019).

Ajakan Ridho itu diwujudkan dalam bentuk penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara MIPI yang diwakili Ridho Ficardo dan Adeksi yang diwakili H. Armudji, MH. Lewat kerja sama ini, kedua belah pihak menyiapkan naskah akademik dan rekomendasi dalam rangka perbaikan otda dan desentralisasi fiskal.

Pada kesempatan itu, Ridho mengatakan kedudukan yang setara bermakna antara DPRD dan pemda memiliki kedudukan yang sama sejajar. Artinya, tidak saling membawahi, atau saling bertanggung jawab pada yang lain. Hubungan itu, secara operasional bermakna bahwa DPRD adalah mitra kerja pemda dalam membuat kebijakan.

“Melalui MoU ini diharapkan akan terciptka sinergitas dan tujuan yang sama yaitu, menciptakan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing,” kata Ridho.***

Editor : Robert

BACA JUGA:  Kolaborasi Universitas Andalas Padang - XL Axiata Bekali Wisudawan Kecakapan Hadapi Dunia Kerja