Jangan Kaget Jika Hari Ini Terdengar Suara Sirine di Sekolah

ALTUMNEWS.com, BANDAR LAMPUNG — Bunyi sirine yang meraung-raung hari ini Jumat 26 April 2019 terdengar di sejumlah sekolah di wilayah Provinsi Lampung, jangan panik karena itu merupakan tanda dimulainya peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB). Kata Kadinsos Lampung Sumarju Saeni melalui sambungan telepon selulernya.

“Di beberapa sekolahan akan membunyikan sirine untuk peringatan HKB dan sekaligus Tagana Masuk Sekolah (TMS) dengan simulasi kesiapsiagaan bencana,” ungkapnya.

Diungkapkan oleh Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Maria Tamtina bahwa hari ini (Jumat) secara serentak Tagana Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung menggelar aksi Tagana Masuk Sekolah. Progran ini merupakan salah satu upaya mengedukasi siswa maupun dewan guru untuk selalu waspada dalam menghadapi bencana alam yang datangnya tidak dapat diprediksi. Dengan berbekal pengetahuan dan keterampilan dalam kebencanaan diharapkan dapat mengurangi resiko bencana.

“Gerakan serentak TMS antara SMU Taruna Gajah Mada dan SMK Gajah Mada Kota Metro; SMA 1 pesawaran di Hanura, SMA 1 Jatiagung, Kabupaten Lampung Selatan dan SMA 5 Bandar Lampung dan beberapa SMA/SMK Kabupaten/Kota lainnya,” ujar Maria.

Hari Kesiapsiagaan Bencana ini diperingati di seluruh Indonesian pada Jumat (26/4/2019) dengan tema “Siap untuk Selamat”. Untuk di Lampung TMS melibatkan Siswa sekolah, Dewan Guru, Tim Layanan Dukungan Psycososial dan Pramuka.***

Editor : Robertus Bejo

BACA JUGA:  Dinsos Lampung Peringati Hari Pekerja Sosial Internasional