Pemprov Melalui Dinsos Lampung Kirimkan Bantuan Korban Banjir di Tanggamus dan Pesisir Barat

Berita Utama, Daerah1,438 views

ALTUMNEWS.com, BANDAR LAMPUNG — Berdasarkan arahan Gubernur Lampung, M.Ridho Ficardo agar Dinas Sosial Provinsi Lampung segera berikan bantuan kepada masyarakat terhadap longsor di Kabupaten Pesisir Barat yang terjadi beberapa waktu lalu. Oleh karena itu hari ini Selasa, 30 April 2019, Dinsos Lampung mengirimkan  bantuan berupa, lauk pauk, pakaian, dan makanan cepat saji. Bantuan tersebut akan diserahkan ke Kabupaten Tanggamus dan Pesisir Barat.

Kepala Bidang Bantuan dan Jaminan Sosial, Maria Tamtina mengatakan Bantuan diberikan langsung ke Tanggamus dan Pesisir Barat, dengan jumlah senilai hampir 50 juta.

Untuk Kabupaten Tanggamus bantuan sebagai buffer stock (persiapan apabila terjadi bencana) dimaksudkan agar penanganan korban lebih cepat.

Sedangkan bantuan di Pesisir Barat agar segera didistribusikan kepada masyarakat yang terdampak bencana.

Bantuan tersebut  disampaikan langsung oleh petugas Dinsos Provinsi Lampung didampingi Tagana. “Bantuan yang diberikan diharapkan semoga  bermanfaat bagi keluarga yang terkena musibah. Setelah bantuan sampai, bantuan tersebut akan diserahkan ke Dinas Sosial setempat,” kata Maria.

Pada tempat terpisah Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung, Sumarju Saeni menjelaskan bahwa di masing-masing kabupaten/kota tersedia cadangan beras untuk bencana sebanyak 100 ton. Cadangan beras bencana tersebut bisa dipergunakan apabila Bupati menyatakan kejadian bencana. “Dengan ketentuan masing-masing jiwa sebanyak 4 ons/hari,” imbuhya.

Menurutnya, apabila cadangan habis dapat mengusulkan ke Provinsi Lampung mengingat cadangan beras daerah di provinsi sebanyak 200 ton.

Berdasarkan informasi Tagana yang bertugas di Pesisir Barat saat in,i keadaan disana sudah membaik, dan masyarakat yang terkena musibah tidak tinggal di tenda pengungsian melainkan di rumah kerabat mereka. “Begitupun yang di Pesisir Barat, siang ini bantuan sampai ke kabupaten Tanggamus dan Pesisir Barat,” pungkas Maria.***

BACA JUGA:  ITERA Lakukan Wisuda Daring 345 Mahasiswa

Editor : Robert