Bulog Lampung Jamin Stok Pangan Untuk Ramadan Aman

Berita Utama, Ekonomi1,817 views

ALTUMNEWS.com, BANDAR LAMPUNG — Selama Ramadhan dan jelang Hari Raya Iedul Fitri 1440 H, Perum BULOG Divisi Regional Lampung menjamin ketersediaan komoditi pangan yang dikelola. Stok yang tersedia di Gudang-gudang Perum BULOG Divisi Regional Lampung cukup untuk memenuhi kebutuhan beras medium Provinsi Lampung sampai dengan tahun depan (2020).

Selain komoditi beras yang tersimpan di gudang, ada juga komoditi lainnya seperti gula pasir, minyak goreng, beras premium, tepung terigu, bawang merah, telur ayam, dan bakso.

Seperti diketahui bahwa, saat ini Perum BULOG selain menyalurkan pangan beras untuk keperluan public service obligatin (PSO)/ pelayanan publik seperti Bansos RASTRA, cadangan pangan pemerintah dan bencana alam.

Kepala Perum Bulog Divisi Regional Lampung, Faisal mengatakan Perum BULOG memiliki komoditi komersial yang diperdagangkan secara umum kepada masyarakat.

“Jadi masyarakat yang membutuhkan komoditi selain beras medium dapat terpenuhi. Komoditi BULOG diperdagangkan dengan Label KITA, yaitu Beras KITA, Gula Manis Kita, Minyak Goreng KITA, Terigu KITA, dan Bakso KITA,” katanya di Bandar Lampung, 20 Mei 2019.

Dikatakannya, Perum BULOG Divre Lampung juga tetap fokus dalam menjalankan tugas utamanya sebagai stabilisator harga baik di tingkat produsen maupun ditingkat konsumen.

“Pada tingkat produsen Perum BULOG Divre Lampung terus melakukan upaya penyerapan hasil produksi petani Lampung, serapan gabah/beras Perum BULOG Divre Lampung sampai dengan 19 Mei 2019 telah mencapai 35.158 ton (setara beras) atau berkisar 34.44% dari target yang ditetapkan oleh Pemerintah untuk penyerapan gabah/beras BULOG Divre Lampung yakni sebesar 102.079 ton,” sebutnya.

Faisal mengatakab hasil serapan gabah atau beras petani Lampung tidak terbatas hanya kepada penugasan sesuai Inpres No. 5 Tahun 2015 kualitas beras medium, tetapi juga melakukan penyerapan beras premium untuk memenuhi kebutuhan pasaran komersial Perum BULOG Divre Lampung.

BACA JUGA:  "Sisternet Goes To Campus" Ajak Mahasiswi Universitas Tanjungpura Atasi Bullying

“Sedangkan pada stabilisasi harga pada tingkat konsumen, Perum BULOG Divre Lampung terus melakukan kegiatan Penyaluran Bansos RASTRA kepada Masyarakat Peberima Manfaat (KPM), kegiatan operasi pasar, kegiatan ketersediaan pasokan dan stabilisasi harga dengan menggunakan komoditi beras medium yang dilakukan sepanjang tahun,” imbuhnya.

Selama Bulan Ramadhan ini menurut Faisal, Perum BULOG Divre Lampung juga bekerja sama dengan beberapa Pemerintah Daerah, seperti Pemerintah Kota Bandar Lampung dengan melakukan kegiatan pasar murah.

“Kegiatan itu berlangsung di 20 kecamatan se-Bandar Lampung selama ramadhan, Pemerintah Kabupaten Pesawaran, dan Dinas Perdagangan Provinsi (di Kab. Tulang Bawang, Lampung Utara, Tanggamus, Lampung Tengah dan Lampung Timur),” katanya.***

Editor : Robert