Pembekalan K3, Upaya Disnakertrans Tingkatkan Mutu SDM di Lampung

Berita Utama, Ekonomi1,218 views

ALTUMNEWS.com, BANDAR LAMPUNG — Guna meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Lampung, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Lampung melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai K3, menyelenggarakan “Pelatihan Peningkatan SDM Praktisi K3 dan Promosi”. Acara berlangsung di Hotel Kurnia Bandar Lampung selama lima hari, 24-28 Juni 2018 diikuti dokter-dokter yang baru saja lulus.

Kegiatan secara resmi dibuka oleh Kepala Disnakertrans Provinsi Lampung, Ir. Lukmansyah, M.M.

Dalam sambutannya, Lukmansyah mengatakan, pelatihan ini dilakukan untuk menjawab keinginan Gubenur Lampung Arinal Djunaidi, guna mewujudkan Rakyat Lampung Berjaya.

”Kegiatan ini dilakukan untuk menjawab janji Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, yakni untuk meningkatkan kualitas SDM dalam segala sektor khususnya bagi calon pekerja di Provinsi Lampung,” ujar mantan Karo Perekonomian Provinsi Lampung, Senin, 24 Juni 2019.

Lukmansyah berharap para peserta dapat mendalami materi tentang Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) yang berkenaan dengan keselamatan kerja khususnya di lingkungan perusahaan industri yang merupakan salah satu bagian penting dalam suatu industri.

Adapun pemateri pada pelatihan ini berasal dari Kementerian Tenaga Kerja, Rumah Sakit, Fakultas Kedokteran, IDI, Diskes, dan Disnakertrans Provinsi Lampung.

Lukmansyah mengatakan bagi yang dinyatakan lulus akan mendapatkan sertifikat dari Kemenaker R.I. “Pada kesempatan ini saya juga mengapresiasi Fakultas Kedokteran Unila yang telah bekerja sama dengan Disnakertrans Lampung,” katanya.

“Harapannya ialah dengan adanya pemberian materi ini, kiranya lulusan Fakultas Kedokteran Unila menguasai wawasan tentang K3 dan kelak siap bekerja pada perusahaan, rumah sakit, dan lain-lain,” lanjutnya.

Menurut Lukmansyah pada era globalisasi ini, K3 yang standar berpenguh pada kelancaran ekspor dan import produk. “Maka masalah K3 yang standar menjadi bagian penting untuk menentukan kelancarannya, sehinga ini sangat penting dan kedepan menjadi mutlak perlu diperhatikan perusahaan,” tegasnya.

BACA JUGA:  Honda Brio Catat Prestasi Sebagai Model Dengan Penjualan Tertinggi di Indonesia Pada Tahun 2020

Dijelaskan Lukmansyah, pembinaan tentang K3 di Lampung sendiri mempunyai prestasi yang cukup baik, hal ini ditandai dengan piagam penghargaan yang diterima dari Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia selama 9 kali berturut-turut. “Prestasi tersebut merupakan hasil dari kerja sama Pemprov dan stakeholder,” imbuhnya.

Terkait pengawasan K3 perusahaan di Lampung, menurut Lukmansyah pihaknya melalui tim atau petugas pengawas yang ada melakukan secara rutin, terutama terhadap kelayakam peralatan perusahaan yang dapat mengancam keselamatan pekerja.

“Begitu juga Balai K3 melakukan uji laboratorium secara berkala terhadap alat dan bahan yg dapat menimbulkan penyakit akibat kerja,” tutup Lukmansyah.***

Editor : Robertus Bejo