Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemesos RI Serahkan Santunan Ahli Waris Korban Tsunami di Kalianda

ALTUMNEWS.com, KALIANDA — Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) menyerahkan santunan dan jaminan hidup untuk korban tsunami Selat Sunda di Kalianda Lampung Selatan.

Bantuan secara simbolis diserahkan Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos RI, Harry Hikmat kepada Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto, di Aula Sebuku, Rumah Dinas Bupati Lampung Selatan, Rabu, 26 Juni 2019.

Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos RI Harry Hikmat menjelaskan, bantuan yang diserahkan meliputi, santunan kematian sebesar Rp 1.830.000.000 untuk 122 orang ahli waris korban meninggal dunia. Masing-masing ahli waris memperoleh bantuan sebesar Rp15 juta. Dimana 13 orang diantaranya, telah diserahkan Kementerian Sosial pada bulan Januari lalu.

Selanjutnya, bantuan jaminan hidup yang diberikan kepada 1.178 jiwa dengan bantuan sebesar 10.000 per jiwa selama 60 hari, dengan nominal sebesar Rp. 706.800.000. Bantuan berupa santuan tersebut, semuanya disalurkan dalam bentuk buku rekening Bank BNI.

“Sehingga total bantuan yang disalurkan untuk korban tsunami di Lampung Selatan pada hari ini sebesar Rp2,342 miliar,” ucap Harry Hikmat.

Pada kesempatan itu, Harry Hikmat memberikan apresiasi tinggi kepada Bupati Lampung Selatan yang memimpin langsung tahapan penanganan pasca terjadi bencana dengan dukungan penuh segenap jajaranya Forkopimda dan pihak terkait lainnya.

“Saya ucapkan terima kasih atas kesabaran masyarakat menantikan penyaluran bantuan ini. Pesan dari bapak Presiden, kita harus dapat hidup dalam situasi kesiapsiagaan menghadapi bencana,” imbuhnya.

Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada pihak BNI yang telah menyiapkan sejumlah dana yang siap untuk dicairkan untuk korban tsunami.

“Pemerintah berharap, pemanfaatan bantuan ini tepat bagi saudara-saudara,” katanya.

Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian Sosial dan seluruh pihak, sehingga bantuan dapat terealisasi.

BACA JUGA:  Malam Ini, Pemprov Undang Masyarakat Lampung Saksikan Musik Kemanusiaan Peduli Korban Tsunami Selat Sunda

“Saya harap, bantuan yang diterima nanti dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, dibelanjakan untuk hal yang penting. Dan akan lebih baik jika dapat menjadi stimulan untuk modal usaha sehingga dapat lebih mandiri,” ucap Nanang Emanto.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi diwakili Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung Sumarju Saeni menyampaikan ucapan terimakasih atas terealisasinya bantuan bagi keluarga korban tsunami Selat Sunda Kabupaten Lampung Selatan.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Lampung, kami mengucapkan terimakasih kepada Kemensos melalui Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial sehingga dapat terealisasinya bantuan bagi keluarga korban Tsunami Selat Sunda Kabupaten Lampung Selatan,” kata Panglima Tagana Lampung ini.***

Editor : Robert