Rail Clinic KAI Tanjung Karang Jangkau Warga Sekitar Stasiun Kalibalangan

Berita Utama, Daerah1,317 views

ALTUMNEWS.COM, LAMPUNG UTARA — Untuk yang ke enam kalinya pada tahun 2019 ini, PT KAI Divre IV Tanjung Karang melaksanakan bakti sosial berupa pengobatan gratis dengan menggunakan rangkaian Rail Clinic bagi warga sekitar bantaran rel kereta api. Kegiatan dilakukan di stasiun Kalibalangan pada Kamis, 27 Juni 2019.

Pembukaan kegiatan rail clinick selain dihadiri unsur muspika seperti camat, lurah, kapolsek Abung Selatan, Danramil Abung Selatan, juga diundang sekitar 250 orang warga sekitar stasiun Kalibalangan untuk melakukan pengobatan secara gratis.

Dalam sambutannya Executive Vice President PT KAI Divre IV Tanjung Karang, Sulthon Hasanudin, berharap agar kegiatan ini dapat meningkatkan kesehatan masyarakat, khususnya warga yang ada di sekitar penggiran rel sebagai bukti kepedulian perusahaan kepada warga pinggir rel.

“Ini merupakan salah satu bentuk CSR PT KAI dibidang kesehatan masyarakat, yakni memberikan cek kesehatan dan pengobatan gratis kepada warga sekitar pinggir rel sekaligus bertujuan mendekatkan diri kepada masyarakat, menjalin keakraban dan silahturahmi,” kata Sulthon.

Menurut Sulthon kegiatan pengobatan gratis ini adalah yang ke 6 kalinya dari 14 kali yang telah diprogramkan selama tahun 2019.

Salah satu tujuan adanya bakti sosial yang telah diselenggarakan sejak 2017 tersebut selain untuk menyehatkan masyarakat yang jauh dari fasilitas kesehatan dan dapat dijangkau dengan fasilitas kesehatan barbasis jalan rel, sekaligus untuk mensosialisasikan bahayanya masyarakat yang beraktifitas di sekitar rel.

“Peran serta Kereta Api dalam menjaga infrastruktur tidak lepas dari masyarakat. Kita tumbuh atas dukungan masyarakat, sehingga diharapakan saling bersinergi dalam menjaga lingkungan. Seperti menjaga rambu-rambu, kabel dan perangkat pendukung geraknya kereta api,” imbau Sulthon.

“Kita saling bekerjasama dalam menjaga lingkungan, apalagi daerah yang rawan banjir. Buang sampah jangan di rel kereta  dan di saluran  yang bisa menyebabkan banjir, sehingga berpotensi gangguan, membuat perjalanan kereta api menjadi tidak selamat,” lanjut Sulthon.

BACA JUGA:  Sekdaprov Fahrizal Darminto Ikuti Penyerahan Sertifikat Hak Atas Tanah dan Launching Sertifikat Elektronik oleh Presiden Joko Widodo

Sementara itu Manager Humas PT.Kereta Api Divre IV Tanjung Karang, Sapto Hartoyo, menambahkan, layanan rail clinic di antaranya pemeriksaan umum, gigi, cek kehamilan, pemeriksaan mata, pemeriksaan laboratorium, serta pelayanan kefarmasian.

“Undangan kami berikan sebanyak 250 orang yang pembagiannya kita serahkan kepada pemerintah desa setempat, tetapi bagi  masyarakat yang tidak menerima undangpun tetap akan kami layani” jelasnya.

“Selain pengobatan gratis kita juga ada pembagian kaca mata gratis kepada 30 anak SD di sekitar Stasiun Kalibalangan dan pembagian tas serta merchandise,” pungkasnya.***

Editor : Robert