114 Orang Penyandang Disabilitas Terjaring “Razia” Tim UPSK

Berita Utama, Daerah1,537 views

ALTUMNEWS.com, LAMPUNG SELATAN — Tim Unit Pelayanan Sosial Keliling (UPSK) Lampung, setelah empat hari di Kecamatan Tanjung Bintang telah menjaring 114 orang dari berbagai ragam disabilitas. Mereka diantaranya disabilitas fisik sebanyak 38 orang, disabilitas rungu wicara 27 orang, disabilitas intelektual atau mental 42 orang dan disabilitas netra 7 orang.

86 orang penyebab disabilitas sebagian besar sejak lahir, sedangkan 9 orang akibat kecelakaan, dan 19 orang akibat dari sakit. Para penyandang tersebar di 22 Desa se Kecamatan Tanjung Bintang, Kabupaten Lampung Selatan. Demikian disampaikan Kabid Rehabilitasi Sosial Dinsos Lampung, Ratna Fitriani dalam pengantar kata Sarasehan Sosial, di Tanjung Bintang, Lampung Selatan, Jumat, 05 Juli 2019.

Selanjutnya dikatakan Ratna Fitriani bahwa tindak lanjut dari hasil deteksi dini,  tindak lanjut atau rujukan ke sekolah luar biasa 14 orang, pendampingan keluarga 16 orang dan pendidikan vocasional 2 orang.

Untuk kebutuhan alat bantu mobilitas, Fitri menguraikan bahwa 6 orang memerlukan kursi roda, alat bantu dengar 27 orang,  kruk ketiak 6 orang,  tongkat penuntun 3 orang. “Tim UPSK juga merekomendasikan bantuan tangan palsu untuk 3 orang dan kaki palsu 1 orang, “ jelas Ratna Fitriani.

Sedangkan lanjutnya yang akan dilakukan tindakan operasi celah langit-langit sebanyak 1 orang dan daun telinga 1 orang. “Khusus operasi ini dirujuk ke Yayasan Citra Baru Lampung,” pungkasnya.

Ditempat terpisah Kepala Dinas Sosial Lampung Sumarju Saeni mengimbau pada masyarakat untuk bersabar menunggu tindakan lanjutan hasil temuan ini.

“Percayakan dengan kami untuk menindak lanjuti serta mohon dukungan semua pihak agar dapat berjalan sesuai harapan kita. Dengan demikian dalam dua putaran ini Tim UPSK telah mendeteksi sebanyak 233 orang disabilitas,” katanya.

Sebagai informasi, menurut agenda Tim UPSK Lampung masih akan menjangkau pelayanan disabilitas di empat Kabupaten. Dengan UPSK ini diharapkan mendapatkan data penyandang disabilitas yang valid.***

BACA JUGA:  Divre IV Tanjungkarang Laksanakan Apel Gelar Pasukan Angkutan Natal dan Tahun Baru 2022/2023

Editor : Robert