Perhubungan Mengajar Hadir di Lampung

ALTUMNEWS.com, BANDAR LAMPUNG — Dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional yang biasa diperingati setiap 17 September, Kementerian Perhubungan menggelar kegiatan bertajuk “Perhubungan Mengajar”. Kegiatan ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia pada 2-8 September 2019.

Perhubungan mengajar diikuti oleh ratusan pelajar SMA/SMK dari berbagai sekolah.

Untuk di Lampung kegiatan tersebut diselenggarakan di Balai Keratun Komplek Perkantoran Gubernur Lampung, Rabu (4/9/2019).

Kegiatan dibuka oleh Gubernur Lampung yang diwakili oleh Plt. Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung, Bambang Sumbogo.

Sebagai Narasumber, Kementerian Perhubungan menghadirkan, Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Direktur PT ASDP, dan Direktur Poltekpel Sumatera Barat.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala PT KAI Divre IV Tanjung Karang, yang diwakili Humas, Ira, Kepala Kepala KSOP Kelas 1 Panjang, Kepala Basarnas Lampung, Kepala Dinas Provinsi Lampung, serta Kepala Sekolah SMA/SMK se-Provinsi Lampung.

Plt. Kepala Dinas Perhubungan Lampung Bambang Sumbogo dalam sambutannya mengatakan, program perhubungan mengajar dari Kementerian Perhubungan ini dalam rangka mengurangi angka kecelakaan khususnya pada kalangan pelajar di Lampung.

Menurutnya, hingga saat ini masih banyak pelanggaran lalu lintas, dan kurangnya kedisiplinan di jalan raya, sehingga hal itu bisa mengakibatkan kecelakaan.

“Untuk itu diharapkan kedepannya target zero accident yang masih didominasi usia dini atau kaum melinial yang diterapkan bisa terlaksana dengan baik,” katanya.

Selain itu juga dalam kegiatan perhubungan mengajar ini, para pelajar dapat menambah pengetahuannya tentang perhubungan, transportasi darat, laut, dan udara.

Milza Aprilia, siswi SMAN 1 Punggur kelas XII mengaku mendapatkan pengetahunan banyak. Diungkapkannya Perhubungan Mengajar dia mendapat pembelajaran tentang keselamatan bertransportasi.

“Kegiatan ini bagus sekali, jadi lebih tau tugas kita sebagai masyarakat, untuk disiplin lalu lintas. Sebagai pelajar menambah wawasan, pengalaman tentang transportasi dan Perhubungan,” ujar siswi yang bercita-cita jadi dokter.

BACA JUGA:  Sekdaprov Fahrizal Kukuhkan Srikandi Pemuda Pancasila Lampung 2023-2027

Hal lain diungkapkan Dzaki Setiabasith, murid kelas XIII SMAN 2 Bandar Lampung. Ia mengaku dengan ikut Perhubungan Mengajar mendapat mengenal susunan organisasi Kementerian Perhubungan.

“Setelah saya mengikuti sosialisasi dari perubahan mengajar ini, kita menjadi tahu bahwa pekerjaan dari kementerian perhubungan itu dibagi menjadi berbagai matra ada tiga matra yang ditugaskan oleh Menteri Perhubungan itu matra darat laut dan udara” pungkasnya.(*).

Editor : Robertus Bejo