Nunik Dorong Generasi Muda Lampung Berkunjung ke Perpustakaan

ALTUMNEWS.com, BANDARLAMPUNG – Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim mendorong generasi muda Lampung untuk membudayakan literasi dengan berkunjung langsung ke Perpustakaan dan Arsip.

Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur Chusnunia Chalim usia menyimak paparan dari Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung Ferynia, di Ruang Kerja Wakil Gubernur Lampung, Bandarlampung, Sabtu (12/10/2019).

Wagub Chusnunia menjelaskan bahwa kita harus dapat membuat anak-anak muda Lampung senang dan membudayakan untuk datang ke perpustakaan dan arsip. “Kita harus membudayakan literasi kepada generasi muda Lampung, salah satunya dengan berkunjung langsung ke perpustakaan dan arsip. Oleh karenanya kita harus membuat program untuk dapat menarik generasi muda Lampung untuk tertarik datang ke perpustakaan dan kearsipan,” jelasnya.

Upaya tersebut, ujar Wagub Chusnunia, salah satunya dengan menggandeng musisi untuk tampil di perpustakaan dan kearsipan. Kita juga bisa mengadakan lomba secara online untuk generasi muda.

Dalam membudayakan literasi, ujar Wagub Chusnunia, bisa juga dengan menerapkan mobil keliling perpustakaan dan kearsipan. “Mobil keliling ini harus banyak mengisi buku yang diminati generasi muda Lampung. Selain itu, kita juga bisa mengadakan rumah baca untuk menarik minat baca generasi muda,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung, Ferynia, memaparkan sejumlah inovasi dan terobosan di tahun 2020, diantaranya peningkatan perpustakaan berbasis IT melalui system E-Lampung, dimana masyarakat akan dengan mudah mengakses layanan perpustakaan, mendukung kegiatan smart village dengan meningkatkan literasi internet dan layanan perpustakaan bagi warga desa, mendukung kegiatan smart school dengan pemanfaatan IT untuk meningkatkan kualitas pendidikan, serta peningkatan pelayanan arsip berbasis IT melalui kegiatan arsip online.***

Editor : Robert

BACA JUGA:  Bank Indonesia Apresiasi Kegiatan Semarak Batik Lampung dan Tanaman Hias 2020