Puskesmas Sumur Batu Bandarlampung Gelar Family Gathering di Pulau Tegal Mas Pesawaran

ALTUMNEWS.com, BANDARLAMPUNG — Family gathering merupakan kegiatan berkumpul bersama yang pada umumnya dilakukan oleh suatu komunitas pegawai atau kelompok  dengan tujuan dan harapan tertentu dalam suasana persaudaraan penuh dengan kegembiraan. Biasanya family gathering diisi dengan aneka permainan dinamika kelompok yang diharapkan menjadi sarana bagi para peserta untuk mempererat persaudaraan dan keakraban.

Puskesmas Sumur Batu, Kecamatanan Teluk Betung Utara, Kota Bandarlampung menyelenggarakan kegiatan family gathering untuk para pegawainya. Kegiatan ini dikemas dengan cara sederhana tetapi cukup meriah. Para peserta yang pada umumnya ibu-ibu tampak begitu antusias mengikuti rangkaian acara termasuk dinamika kelompok yang sangat menggembirakan.

Kegiatan Family gathering Puskesmas Sumur Batu, Kecamatan Teluk Betung Utara dilaksanakan di Pulau Tegal Mas, Pesawaran pada Minggu, 20 Oktober 2019 seharian.

Kepala Puskesmas Sumur Batu, drg. Santi Sundari mengatakan, tujuan dari kegiatan ini untuk menjalin tali silaturahmi antar pegawai dalam satu keluarga besar pegawai Puskesmas Sumur Batu dan sebagai sarana untuk refresing dari rutinitas pekerjaan sehari-hari.

“Setiap hari kami melaksanakan tugas melayani masyarakat  sebagai tenaga medis maupun non medis baik di Puskesmas Induk, Puskesmas Pembantu, maupun Poskeskel. Kami harus menjalankan pelayanan ini dengan baik, maka kegiatan ini diharapkan dapat lebih mengakrabkan kami semua para pegawai di Puskesmas Sumur Batu,” kata drg. Santi Sundari, Minggu (21/10/2019).

Menurut drg. Santi Sundari, tata nilai Puskesmas yang lebih dikenal dengan nama BETIK (Bersahabat, Empati, Tanggap, Inisiatif, Kreatif)  diharapkan dapat diwujudkan bersama-sama seluruh pegawai yang ada di Puskesmas Sumur Batu.

“Melalui kegiatan inilah harapan kami teman-teman BETIK- sebutan untuk para pegawai Puskesmas-, dapat saling bersinergi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Meskipun berbeda ruangan maupun tempat kerja diharapkan teman-teman BETIK dapat bekerjasama dengan baik demi pelayanan prima kepada masyarakat,” ucapnya.

BACA JUGA:  Gas Bumi Masih Menjadi Energi Paling Efisien

Pada bagian akhir, drg Santi Sundari  menyampaikan output yang diharapkan dari kegiatan ini adalah kinerja seluruh pegawai di lingkungan Puskesmas Sumur Batu Bandarlampung terus meningkat. “Sedangkan outcome-nya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, tidak ada kematian ibu hamil atau melahirkan maupun bayi di wilayah kerja Puskesmas Sumur Batu,” katanya.

Salah satu peserta family gathering, Titi Sukmawati merasa senang dengan kegiatan ini karena ada rasa kebersamaan dan persaudaraan yang luar biasa. “Kegiatan ini ada unsur capacity building-nya dimana ada proses yang kita alami baik sebagai pribadi maupun komunitas Puskesmas  memperoleh, meningkatkan, dan mempertahankan kompetensi atau kapasitas yang lebih besar melalui sharing maupun dinamika kelompok,” ungkapnya.

Peserta lain, Dwi  Mayla mempunyai kesan yang sama. “Seneng karena bisa  kumpul dengan  teman-teman, bisa kompak, dan bisa untuk refres pikiran. Kegiatan yang dilaksanakan di pulau Tegal Mas, Pesawaran merupakan kawasan indah dan bagi Dwi Mayla adalah kawasan yang baru sekali ini dikunjungi,” pungkasnya.***

Kontributor : F. Joko Winarno
Editor :  Robertus Bejo