Dukung Pengembangan Industri Wisata di Lampung, XL Axiata Perkuat Jaringan Data

ALTUMNEWS.com, BANDAR LAMPUNG — PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berkomitmen mendukung upaya pemerintah daerah Provinsi Lampung dalam mengembangkan industri wisata. Dukungan tersebut diimplementasikan dalam penyediaan infrastruktur telekomunikasi dan data berkualitas di area-area yang memiliki destinasi wisata popular di hampir seluruh Provinsi Lampung. Jaringan 4G LTE sudah masuk ke semua kota/kabupaten, termasuk di lokasi-lokasi wisata yang tersebar di seluruh provinsi yang berada di ujung paling Selatan Pulau Sumatera tersebut.

Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi mengatakan, keberadaan layanan telekomunikasi dan data berkualitas menjadi prasyarat untuk membangun industri wisata yang kuat di mana pun juga.

“Riilnya, jika saat ini kita bicara keinginan untuk memajukan suatu destinasi wisata, maka pertama terpikir adalah bagaimana mempromosikannya,” jelas Desy saat bertemu kawan-kawan media di Bandarlampung, Selasa malam, 22 Oktober 2019.

“Bicara promosi wisata maka hal yang paling mudah dilakukan adalah dengan social media, yang berarti foto-foto dan video pemandangan. Berarti harus ada sinyal 4G yang kuat di lokasi itu,” tambahnya.

Desy menegaskan, roadmap pembangunan infrastruktur layanan data XL Axiata di seluruh Indonesia saat ini antara lain berpedoman dengan keberadaan area-area wisata ini. Hal ini tidak terlepas dari fakta di lapangan bahwa keberadaan destinasi wisata mampu mendorong perekonomian di daerah tempatnya berada.

“Makin popular suatu destinasi wisata, biasa perekonomian di sekitarnya juga bergulir maju. Apalagi, jika bicara pariwisata, maka ekosistem pendukungnya juga cukup luas. Dari mulai bisnis penginapan dan kuliner, produk kerajinan, hingga atraksi budaya,” ucap Desy.

Selanjutnya, Desy menegaskan, teknologi digital dan platform media sosial menyediakan manfaat ganda untuk promosi. Melalui sarana digital, promosi tidak lagi hanya satu arah oleh para pelaku industri wisata, namun juga secara tidak langsung oleh para wisatawan.

BACA JUGA:  717 Pegiat Koperasi dari Seluruh Indonesia Lakukan Kunjungan Primer dan Wisata di Bali

“Melalui foto-foto maupun video dari para pengunjung yang dibagikan di media sosial, suatu daerah tujuan wisata bisa menjadi menjadi lebih terkenal, tandasnya.

Menurut Desy, hal ini menjadi lebih relevan lagi karena perilaku masyarakat saat dalam menentukan pilihan suatu tujuan wisata juga dengan memastikannya melalui review di media sosial.

“Semua itu bisa dilakukan hanya jika di area wisata itu tersedia layanan data yang
berkualitas baik. Konten-konten berupa foto dan video hanya bisa dibuat dan di-upload di internet dan media sosial jika sinyal datanya bagus dan kuat. Nah, kami di XL Axiata akan berusaha keras untuk terus meningkatkan kualitas layanan data di daerah-daerah wisata,” tandas Desy.

Desy optimis kawasan wisata Lampung akan terus berkembang karena memiliki nilai khas yang tidak ada di daerah lain. “Di samping itu, secara lokasi, Lampung juga mudah dijangkau dari Pulau Jawa. Jika jalan Tol Trans Sumatera sudah tersambung ke berbagai provinsi lainnya, maka lokasi-lokasi wisata Lampung akan lebih ramai lagi sebagai tujuan para
wisatawan,” ungkapnya.

Head of Sales Lampung Bengkulu, Budi Utama Lubis mengatakan bahwa Provinsi Lampung memiliki banyak destinasi wisata yang memiliki prospek bagus untuk terus dikembangkan, mulai wisata alam, budaya, hingga ekowisata.

“Jaringan data berkualitas milik XL Axiata telah menjangkau dengan kuat di Pulau Pahawang, Tanjung Setia Pesisir Barat, Pantai Mutun, Pantai Klara, Way Kambas dan beberapa kawasan wisata menarik lainnya yang selalu ramai dikunjungi wisatawan,” jelas Budi.

Dijelaskannya, XL Axiata akan terus meningkatkan kualitas jaringan di
lokasi-lokasi tersebut, antara lain dengan meningkatkan jaringan dari 3G ke 4G.
“Jaringan data 4G LTE berkualitas XL Axiata hadir di Lampung sejak Maret 2017 dan kini telah masuk ke berbagai kota/kabupaten. Saat ini, infrastruktur jaringan XL Axiata di
Lampung didukung sekitar 2.500 BTS, termasuk sekitar 1.850 BTS data (3G dan 4G),” jelasnya.

BACA JUGA:  XL Axiata Perkuat Jaringan Data, Sediakan Program Ramadan-Lebaran di Rumah

Menurutnya, jumlah pelanggan di Lampung lebih dari 800 ribu, meningkat signifikan dibanding tahun sebelumnya.

“Hal ini menunjukkan kepercayaan besar dari masyarakat atas peningkatan kualitas jaringan XL Axiata di Lampung dan sekitarnya. Penggunaan data di Lampung juga terus tumbuh signifikan,” kata Budi.

Untuk duketahui, di seluruh Sumatra dan kepulauan, total pelanggan XL Axiata mencapai lebih dari 19% dari total keseluruhan pelanggan XL Axiata. Sebanyak sekitar 95% di antaranya adalah pelanggan data.

Saat ini tercatat sudah ada 148 kota/kabupaten yang sudah mendapatkan layanan 4G LTE, dan akan terus bertambah tahun ini. Sumatera merupakan wilayah dengan pertumbuhan penggunaan layanan data yang tinggi di wilayah luar Jawa.***

Editor : Robert