Generasi Muda Sebagai Inspirasi Transformasi Digital Telkomsel dalam Akselerasikan Negeri

ALTUMNEWS.com, JAKARTA — Generasi muda kerap menghadirkan nafas dan semangat baru dalam berkontribusi aktif bagi kemajuan bangsa.

Seperti melalui peringatan Sumpah Pemuda yang menjadi momen dalam perjuangan mempersatukan bangsa, kini anak muda juga berperan sebagai generasi digital native yang menjadi agen perubahan mewujudkan pemerataan ekosistem digital positif di Indonesia.

Semangat ini menginspirasi Telkomsel untuk terus bergerak maju bertransformasi menjadi digital telco company yang senantiasa mengakselerasikan negeri.

Direktur Utama Telkomsel, Emma Sri Martini mengatakan, “Generasi muda selalu menjadi inspirasi Telkomsel dalam mengembangkan produk dan layanan berbasis digital yang relevan dengan kebutuhan dan perkembangan zaman. Segmen yang kini dikenal dengan Generasi Millennial dan Gen Z, juga menjadi insipirasi kami merancang inisiatif tanggung jawab sosial perusahaan yang berfokus dalam mempersiapkan talenta muda Indonesia menjadi sumber daya unggul melalui pemanfaatan teknologi. Hal tersebut merupakan upaya nyata dari transformasi Telkomsel menjadi digital telco company secara menyeluruh dengan tetap mengedepankan dampak sosial nyata bagi masyarakat.” ujarnya (28/10).

Komitmen transformasi bisnis berbasis digital diwujudkan Telkomsel dengan menghadirkan produk dan layanan yang inovatif dan sesuai dengan karakter generasi muda saat ini.

Salah satunya dengan menghadirkan produk by.U, sebuah layanan seluler prabayar digital pertama di Indonesia yang dikembangkan dengan terinspirasi dari karakter segmen Gen Z yang mandiri, kreatif, selalu online, dan sangat mengutamakan kebebasan.

Dalam prosesnya, platform layanan by.U juga dirancang oleh talenta-talenta muda Telkomsel, dengan harapan agar dapat konsisten pada tiga nilai utama yang relevan dengan kebutuhan Gen Z yaitu digitalisasi, personalisasi, dan transparansi.

Selain proses bisnis, inspirasi dari generasi muda juga dituangkan melalui berbagai program corporate social responsibility (CSR) Telkomsel.

BACA JUGA:  PSPPI Fakultas Teknik Universitas Lampung Gelar Seminar Nasional Insinyur Profesional 2021

Seperti program The NextDev yang hadir sebagai bentuk respon atas tingginya semangat anak muda Indonesia dalam menghadirkan solusi untuk berbagai tantangan di masyarakat melalui pemanfaatan teknologi berbasis aplikasi.

Sejak 2015, program The NextDev telah menempatkan diri sebagai platform yang mendukung perkembangan early stage startup untuk memperkuat solusi positif berdampak sosial bagi masyarakat.

Pada 7 Desember 2019, The NextDev juga akan mengadakan The NextDev Summit, sebuah ajang berisi seminar-seminar yang ditujukan untuk mendorong generasi muda Indonesia agar menjadi generasi pembawa perubahan dengan mengakselerasikan pemanfaatan teknologi digital yang berdampak sosial, sekaligus untuk menjembatani kolaborasi antara komunitas startup Indonesia dengan para investor dan stakeholder lainnya.

Karakter kuat generasi muda Indonesia juga yang menginspirasi Telkomsel meluncurkan inisiatif program IndonesiaNEXT dan Creative Millenials Telkomsel. Kedua program yang juga bagian dari aktivitas CSR Telkomsel tersebut dirancang untuk mendukung pertumbuhan semangat siap kerja dan kewirausahaan di kalangan anak muda selaku salah satu penggerak pertumbuhan ekonomi nasional.

IndonesiaNEXT berfokus pada program sertifikasi sejumlah bidang kerja tertentu bagi segmen anak muda khususnya pelajar dan mahasiswa, sedangkan Creative Millenials merupakan program pelatihan bisnis secara digital bagi generasi muda yang antusias dalam memulai aktivitas kewirausahaannya.

Selain itu, dalam mempersiapkan talenta yang siap mendukung proses transformasi perusahaan, Telkomsel juga secara konsisten melakukan transformasi organisasi perusahaan yang berfokus pada penguatan budaya digital dan peningkatkan kapabilitas seluruh SDM Telkomsel sebagai aset terbesar perusahaan untuk lebih siap dalam bersaing di era digital saat ini dan di masa yang akan datang.

Direktur Human Capital Management Telkomsel Irfan A. Tachrir menyampaikan, “Semangat dan karakteristik generasi muda di Indonesia menginspirasi Telkomsel untuk mengembangkan kapabilitas seluruh SDM di lingkungan kerja Telkomsel, terutama talenta-talenta muda yang menjadi aset masa depan Telkomsel untuk tetap menjadi yang terdepan di industri telekomunikasi dan layanan digital. Komitmen tersebut juga sejalan dengan visi pemerintah yang menempatkan SDM sebagai salah satu fokus pembangunan bangsa ke depan agar dapat bersaing di kancah global.”

BACA JUGA:  Hari Pelanggan Nasional, KAI Tanjungkarang Bagi Bingkisan, Bunga dan Balon

Irfan menambahkan, untuk mewujudkan komitmen tersebut, Telkomsel melakukan pembekalan mengenai future skills bagi seluruh SDM. Salah satunya melalui program bernama InnoxTion yang merupakan wadah bagi karyawan untuk mencetuskan ide-ide terbaik bagi kelangsungan bisnis Telkomsel.

Tak ubahnya generasi muda yang senang mempelajari hal baru dan terus meningkatkan kemampuan yang dibutuhkan seiring perkembangan zaman, berbagai inisiatif internal tersebut merupakan upaya Telkomsel dalam mentransformasi talenta-talentanya untuk senantiasa meningkatkan kapabilitas dengan menguasai kemampuan yang diperlukan di era digital.

“Momentum Sumpah Pemuda selalu menjadi momen pelecut semangat kami dalam berkarya menghadirkan layanan yang terbarukan. Generasi muda Indonesia telah dan akan selalu menjadi inspirasi kami terus bergerak maju mengakselerasikan negeri dengan mewujudkan pemerataan ekosistem gaya hidup berbasis digital di Tanah Air.

Telkomsel berkomitmen untuk selalu menjadi enabler bagi generasi muda guna mendorong mereka senantiasa berkontribusi menjadi roda penggerak bangsa dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat di era digital ini”, tutup Emma.***

Editor : Robert