Pastikan Ketersediaan Energi, Satgas Rafico Pertamina Siap Berjuang di Tengah Pandemi Covid 19

ALTUMNEWS.com, BANDARLAMPUNG — Ada yang berbeda pada bulan Ramadhan tahun ini. Beragam aktivitas kita sebagai umat Muslim sedang terbatas di tengah pandemic Covid-19 yang saat ini melanda, Indonesia dan dunia. Namun, Satuan Tugas Ramadhan dan Idul Fitri Pertamina tidak berbeda, kami tetap bertugas memastikan ketersediaan energi untuk masyarakat dapat terpenuhi dengan tetap memenuhi protokol kesehatan seperti menggunakan Alat Pelindung Diri (APD), menjaga jarak aman, dan standar pencegahan penyebaran Covid-19 lainnya. Bahkan, BBM dan LPG yang Pertamina siapkan, melalui program Pertamina Delivery Service (PDS) dapat diantar sampai ke tempat konsumen dengan tetap berada di rumah.

Pertamina Region Sumatera Bagian Selatan melalui Refinery Unit III (RU) Plaju dan Marketing Operation Region (MOR) II terus berkomitmen untuk memproduksi energi berkualitas dan menjaga keamanan serta stok di seluruh lembaga penyalur yang ada. Dan komitmen ini akan terus di jaga oleh Tim Satgas Rafi yang sudah bertugas sejak 8 April 2020 hingga 8 Juni 2020 nanti.

General Manager RU III Plaju, Iman Syafirman menyatakan, produksi kilang RU III saat ini siap mensuplai produk-produk berkualitas guna memuhi kebutuhan selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1441H/2020. Didukung oleh para pejuang energi kilang yang juga tetap bekerja di tengah pandemi Covid-19 ini. “Saat ini kapasitas produksi kami turunkan menyesuaikan dengan demand (permintaan) yang menurun. Namun beberapa produk unggulan seperti Polipropilen, masih kami produksi dengan kapasitas penuh. Adapun total hasil produksi rata-rata kilang RU III Plaju sepanjang bulan April 2020 untuk produk Premium sebanyak 210,3 Million Barrel (MB) dan Solar/BioSolar 238.3 MB, serta LPG 1396,28 Metric Ton (MT), ” jelas Iman.

BACA JUGA:  Wagub Chusnunia Chalim Lepas Kontingen PWNU Lampung Ikuti Porseni NU Tingkat Nasional 2023 di Solo

Pendistribusian hasil produk kilang RU III Plaju, didukung penuh melalui Marketing Operation Region (MOR) II Sumbagsel yang melakukan pengiriman produk-produk ke lembaga penyalur yang tersebar di 5 propinsi yaitu Sumatera Selatan, Bengkulu, Jambi, Lampung dan Bangka – Belitung dengan rincian 585 SPBU, 382 Agen LPG serta 15ribu lebih pangkalan LPG PSO dan Non PSO. Meski ada tren konsumsi yang berbeda pada masa Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini karena adanya pandemic Covid-19, namun Pertamina memastikan keamanan stok semua produk akan tetap terjamin.

“Di tengah pandemi Covid-19 ini diprediksi tetap akan memberikan dampak penurunan konsumsi BBM, karena masyarakat mengikuti himbauan pemerintah untuk #dirumahsaja mengurangi aktivitas diluar. Namun, di sisi lain, ada peningkatan konsumsi pada LPG baik 3 kg maupun LPG non subsidi, Bright Gas,” tutur General Manager MOR II Sumbagsel, Asep Wicaksono Hadi.

Untuk prediksi konsumsi BBM di wilayah Sumbagsel, jenis Gasoline seperti Premium, Pertalite, Pertamax dan Pertamax Turbo mengalami kenaikan hanya 0,6%, sedangkan Gasoil seperti Solar/BioSolar, Dexlite dan Pertamina Dex akan mengalami penurunan mencapai 14%. Dengan adanya situasi pandemic Covic-19 ini, Pertamina juga turut mengajak masyarakat untuk ikut memutus rantai penyebaran virus dengan tetap berada di rumah dan tidak melakukan kegiatan mudik nantinya.

Dan untuk LPG 3 kg, selama masa Satgas Rafico Sumbagsel ini akan naik 8.4% dan LPG non subsidi rumah tangga juga naik mencapai 6.8%. Penurunan konsumsi LPG non subsidi menurun signifikan untuk non rumah tangga, yaitu mencapai 24.4%, hal ini dikarenakan fasilitas umum, rumak makan, hotel yang memilih menonaktifkan kegiatan operasionalnya.

Penurunan realisasi konsumsi juga diprediksi akan terjadi pada produk Avtur. Jika melihat data realisasi konsumsi sepanjang bulan April 2020 ini, penurunan Avtur mencapai 54%, hal ini dikarenakan menurunnya jumlah penerbangan di masa pandemic Covid-19 yang sehari rata-rata hanya melayani total hanya sekitar 12 penerbangan untuk 6 Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) yang masuk area operasi MOR II. “Meski demikian, semua petugas tetap bersiaga untuk terus memberikan pelayanan terbaiknya bagi dunia penerbangan terutama yang memiliki tujuan ke wilayah Sumbagsel,” kata Asep.

BACA JUGA:  Pemprov Lampung Ucapkan Terimakasih Atas Santunan Ahli Waris Korban Tsunami dari Kemesos RI

Selama bulan Ramadhan 1441H/2020 ini, keduanya berharap semua pelayanan distribusi energi untuk masyarakat dapat berjalan dengan baik dan lancar, untuk itu dukungan dari semua pihak sangat dibutuhkan baik dari Pemerintah Daerah, para mitra kerja Pertamina, dan masyarakat. Dan tentunya, optimalisasi program Pertamina Delivery Service (PDS) selama bulan Ramadhan dan pandemic Covid-19 ini dapat dimanfaatkan oleh para konsumen.

“Pertamina akan terus melakukan tugasnya menyediakan bahan bakar berkualitas untuk masyarakat, jika masyarakat membutuhkan layanan antar produk-produk kami, dapat menghubungi Pertamina Contact Center 135. Selanjutnya, Pertamina mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa, semoga semua ibadah dapat kita lakukan dengan nyaman dan mari kita berdoa agar pandemic Covid-19 ini dapat segera berlalu,” tutupnya. ***

Editor : Robert