Antisipasi Ramadhan dan Lebaran, BI Siapkan Rp 4,3 T di Lampung

Berita Utama, Ekonomi1,315 views

ALTUMNEWS.com, BANDARLAMPUNG – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung, menyiapkan uang tunai sebanyak Rp 4,36 triliun untuk mengantisipasi lonjakan kebutuhan transaksi selama Ramadhan dan menjelang Lebaran 2020. Jumlah tersebut turun sebesar 9,56 persen dari tahun sebelumnya.

“Perikiraan kebutuhan Uang Layak Edar (ULE) dalam rangka penangan dampak pandemi Covid-19, dan bentuk bantuan-bantuan pemerintah lainnya dalam rangka penanganan dampak pandemi Covid-29,” kata Kepala Perwakilan BI Provinsi Lampung, Budiharto Setiawan. Hal itu diutarakannya dalam konferensi pers melalui virtual meeting menggunakan zoom, Selasa (5/5/2020).

Dia menjelaskan jika untuk layanan penukaran uang kepada masyarakat umum yang biasanya disediakan melalui penyediaan penukaran di lokasi umum, seperti kas keliling di pasar murah dan layanan penukaran langsung ke masyarakat bersama dengan perbankan. Untuk tahun ini pelayanan penukaran uang kepada masyarakat tersebut ditiadakan, dan hanya akan disediakan melalui loket di bank.

“Kantor Perwakilan BI Provinsi Lampung telah berkoordinasi dan meminta perbankan agar dalam memberikan layanan dimaksud menegakkan protokol pencegahan COVID-19. Protokol dimaksud antara lain penggunaan masker, pemindaian suhu tubuh, dan penerapan physical distancing,” Budiharto Setiawan.

Dia mengatakan jika penukaran uang untuk masyarakat umum akan dilayani oleh 169 kantor bank di wilayah kerja KPw BI Provinsi Lampung. Diantaranya terdiri atas 33 kantor cabang utama, 60 kantor cabang, 60 kantor cabang pembantu dan 16 kantor kas,” pungkasnya.***

Editor : Robert

BACA JUGA:  Intensifikasi Pengawasan Produk Pangan Selama Ramadan, Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Lampung bersama BBPOM Lakukan Sidak