Tingkatkan Minat Baca, Dusun Sinar Dua Bawah Desa Harapan Jaya Dirikan Saung Taman Baca

ALTUMNEWS.com, PESAWARAN – Guna meningkatkan minat baca anak-anak dan remaja, sejumlah tokoh masyarakat di Dusun Sinar Dua Bawah Desa Harapan Jaya, Kecamatan Way Ratai Kabupaten Pesawaran membuat “Saung Taman Baca”. Walau pun belum diresmikan, namun anak-anak di dusun tersebut antusian berkunjung dan membaca.

Saung perpustakaan ini dibangun untuk meningkatkan minat baca anak-anak khususnya di Dusun Sinar Dua Bawah, Desa Harapan Jaya dari level PAUD, TK, SD sampai SMP.

Kepala Desa Harapan Jaya, Susalit Cokro Aminoto mengatakan Saung taman baca ini dilandasi atas makin maraknya penggunaan gadget di kalangan anak-anak dan remaja. Penggunaan gadget dikalangan remaja juga mulai masuk ke pedesaan.

“Mereka lebih suka untuk membuka gadget dibanding membuka buku bacaan. Banyak anak-anak yang sekarang jarang membaca buku-buku ilmu pengetahuan dan lebih senang bermain gadget,” kata dia kepada Altumnews.com, Jumat malam (18/09/2020).

Menurut Cokro, begitu sapaan Kepala Desa Harapan Jaya, Saung taman baca merupakan sebuah inovasi baru yang digagas dirinya bersama tokoh masyarakat dusun setempat.

“Meski sangat sederhana dan dengan keterbatasan buku-buku yang ada perpustakaan ini ramai dikunjungi anak-anak, mereka berkumpul bermain sambil membaca buku,” katanya.

Kepala Desa Harapan Jaya ini menambahkan, Saung taman baca ini diharapkan dapat meningkatkan budaya membaca di kalangan anak-anak dan remaja.

“Masyarakat nelayan baik anak-anak dan remaja bisa lebih giat lagi dalam membaca,” kata dia.

Susalit Cokro Aminoto membuka pintu donasi dari berbagai pihak yang ingin mendukung anak-anak di desanya untuk meneumbuhkan minat baca.

“Untuk sahabat dumai yang mempunyai buku dan sudah tidak digunakan lagi bisa dikirim ke saung perpustakaan ini, yuk cerdaskan anak bangsa dengan gemar membaca,” pungkanya.***

BACA JUGA:  Tingkatkan Kesejahteraan Penyandang Masalah Sosial, Dinsos Lampung Buka Unit Pelayanan Sosial Keliling

Editor : Robert