ITERA Gelar Konferensi Internasional dan Simposium Transportasi Nasional

ALTUMNEWS.Com, LAMPUNG SELATAN — Institut Teknologi Sumatera (ITERA) menggelar dua kegiatan besar, yaitu 5th International Conference on Science, Infrastructure Technology and Regional Development 2020, yang merupakan konferensi internasional sains, teknologi infrastruktur, dan pembangunan wilayah ke-5 ITERA, dan simposium transportasi nasional bersama Forum Studi Transportasi Perguruan Tinggi Negeri (FSTPT) ke XXIII, Jumat (23/10/2020).

Icositer kali ini menghadirkan 9 (sembilan) pembicara utama dari berbagai perguruan tinggi dunia, yaitu Prof. Hiroatsu Fukuda dari Kitakyushu University, Jepang, Dr. M. Abayazid dari University of Twente (Belanda), Dr. Muchamad Al Azhar dari Plymouth Marine Laboratory (Inggris), Prof. Pieter Van den Broeck dari KU Leuven (Belgia), Prof. Tatsuki Oda dari Kanazawa University (Jepang), Prof. Suchart Kothan dari Universitas Chiang Mai (Thailand), Prof. Dr. Eng. Khairurrijal dari Institut Teknologi Bandung, Dr Eng. Khoirul Anwar dari Telkom University, dan Prof. Sukrasno dari Institut Teknologi Sumatera.

Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Rektor ITERA Prof. Ir. Ofyar Z. Tamin, M.Sc., Ph.D. didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr.-ing Mitra Djamal, dan Ketua Jurusan Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan ITERA Dr. Rahayu Sulistyorini, S.T., M.T.

Wakil Rektor Bidang Akademik ITERA Prof. Dr.-ing Mitra Djamal, dalam laporannya menyebut, Icositer tahun ini mengakat tema Industry 4.0-based science and technology for national independence and progress, yang diadakan 23-24 Oktober 2020, secara daring. Konferensi ini bertujuan untuk mempertemukan perusahaan, organisasi, pemangku kepentingan, dan universitas yang aktif di bidang teknologi dan infrastruktur. Sebanyak 204 abstrak telah diserahkan peneliti dan mahasiswa dari universitas dan pusat penelitian, dari berbagai lokasi di Indonesia dan dari negara lain untuk dibahas. “Saya berharap semua peserta mendapatkan manfaat yang besar dari diskusi yang bermanfaat selama konferensi,” ujar Prof. Mitra.

BACA JUGA:  Kader Pemuda Katolik Raih Penghargaan Penyuluh Teladan Se-Provinsi Lampung

Icositer 2020 juga diharapkan dapat menjadi wadah berbagi pengetahuan, terobosan, dan gagasan terkait pengembangan berbagai bidang untuk meningkatkan daya saing negara dalam skala global.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor ITERA menyampaikan, Icositer merupakan seminar skala internasional yang diadakan secara rutin oleh ITERA sejak 2016 yang bertujuan untuk mengenalkan ITERA kepada dunia internasional dalam rangka menjalin kerja sama di bidang penelitian maupun pendidikan.  “Selain sebagai sarana dalam berbagi pengalaman hasil penelitian antar sesama peneliti di Indonesia maupun luar negeri, seminar ini juga untuk memfasilitasi para dosen ITERA untuk meningkatkan jumlah publikasi ilmiah Internasional yang terindeks Scopus,” ujar Rektor.

Makalah yang terdaftar dan dipresentasikan dalam Icositer akan diterbitkan dalam bentuk prosiding internasional dan beberapa paper terpilih akan diterbitkan di jurnal bereputasi.

Selain mengadakan konferensi ilmiah internasional, ITERA juga mendapat kesempatan menjadi tuan rumah Simposium Forum Studi Transportasi Antar Perguruan Tinggi (FSTPT) ke XXIII yang menjadi simposium nasional transportasi terbesar di Indonesia. Tema yang diangkat dalam simposium kali ini adalah Harmoni Transportasi Dalam Sistem Logistik Indonesia.

“Simposium ini adalah forum bagi akademisi, birokrat, dan praktisi untuk mempresentasikan hasil pemikiran dan penelitian mereka di bidang transportasi. Selain itu dilakukan kegiatan Workshop yang menjadi wadah stakeholder terkait bidang transportasi di Indonesia untuk dapat menambah skill dan pengalaman,”ujar Rektor.

Rangkaian kegiatan simposium yang diadakan 23-24 Oktober 2020, secara online ini juga bertujuan untuk mendorong peningkatan pengetahuan, interaksi dan komunikasi antar pegiat transportasi dari berbagai bidang dan spektrum seperti mahasiswa, dosen, praktisi, pembuat kebijakan, dan peneliti disetiap universitas atau lembaga yang ada di Indonesia. “Di tengah pandemi Covid-19 saat ini, konferensi dan simposium yang diadakan oleh ITERA adalah bentuk adaptasi baru yang kami lakukan dengan mamanfaatkan teknologi informasi secara maksimal,”ujar Rektor.***

BACA JUGA:  Lokakarya Nasional UI GreenMetric 2023, Gubernur Arinal Ajak Elemen Pentahelix Berkolaborasi Menjaga Keberlanjutan Lingkungan

Editor : Robertus Bejo