Tagana, SLRT Bersahaja Pringsewu Bersama Independent Voulentir Indonesia Rehab Rumah Lansia Korban Banjir Bandang

ALTUMNEWS.Com, PRINGSEWU — Banyak akibat yang disebabkan oleh musibah banjir bandang pada Selasa, 05 Januari 2021 yang terjadi di Kecamatan Pardasuka Kabupaten Pringsewu. Salah satunya adalah rusak dan hancurnya tempat tinggal Asnawiah (60) di Pekon Tanjung Rusia Kecamatan Pardasuka Kabupaten Pringsewu. Lansia yang selama ini hidup berdua dengan seorang anaknya ini masuk kategori orang dengan gangguannya jiwa (ODGJ). Tidak hanya rumah, namun peralatan dan alat alat masakpun ikut serta hanyut terbawa derasnya banjir bandang yang terjadi saat itu.

“Sungguh mengerikan dan menyedihkan saat kejadian tersebut, tapi alhamdulillah kami sekeluarga selamat dan numpang di tetangga,” ujar Mbah Asnawiah.

Atas dasar kemanusiaan, Taruna Siaga Bencana (Tagana), SLRT Bersahaja Kabupaten Pringsewu bergerak dengan menggandeng Komunitas IVO Pringsewu untuk mewujudkan kembali tempat tinggal Mbah Asnawiah.

“Kami lakukan penggalang donasi di intern kami,” kata Agus Purnomo, TA SLRT Bersahaja dalam release yang diterima Altumnews.com, Kamis (21/01/2021).

Menurut Agus Purnomo, pengerjaan rehab rumah dan MCK dilakukan secara gotong-royong bersama masyarakat.

“Aparatur Pekon Tanjung Rusia dan Pekon Pardasuka Selatan selama tiga hari juga membantu kami,” pungkasnya.

Plt Kadis Sosial Pringsewu Hasan Basri dalam kesempatan ini juga mengungkapkan keterlibatan pihaknya menangani banjir bandang.

“Sebelumnya pada saat penanganan banjir bandang selama tiga hari, 06-08 Januari 2021 Tagana membuka posko logistik dan mobil dapur umum lapangan di dekat Balai Pekon Tanjung Rusia,” jelas Hasan.

Posko ini lanjut Plt Kadis Sosial Pringsewu menampung dan menyalurkan berbagai bantuan dan makanan.

“Bantuan-bantuan itu bersumber dari para Donatur seperti ACT Lampung, KUBE E Warong, Komunitas Trailer Pringsewu serta donatur lainnya kepada masyarakat terdampak,” pungkasnya.***

Editor : Robertus Bejo

BACA JUGA:  Gubernur Arinal Buka Latihan Dasar Kepemimpinan Pengurus OSIS SMA se-Lampung