Mitra Binaan Pertamina Sukses Kembangkan Produk Olahan Berbahan Susu Kambing

ALTUMNEWS.Com, METRO — Winarko Heri Setiono, salah satu Peternak kambing perah asal Metro Timur, Lampung merupakan mitra binaan PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) II Sumbagsel yang sukses mengembangkan produk olahan berbahan susu murni.

Berbagai produk susu yang dihasilkan diantaranya susu segar, susu kambing segar yang dikemas dalam botol ukuran 250 ml dengan berbagai varian rasa serta susu bubuk. Produk-produk tersebut sudah berhasil dipasarkan ke beberapa beberapa daerah Lampung, Palembang dan Pulau Jawa.

Menurut Pak Win, nama panggilannya, usaha peternakan kambing perah Telaga Rizqy ini berdiri sejak tahun 2017 dan satu-satunya ada di kota Lampung. Menurutnya, susu kambing ini digemari masyarakat karena manfaat sehatnya.

Susu segar yang di pasarkan berasal dari peternakan 4 jenis kambing yaitu peranakan etawa, sanen, sapera dan jawa randu yang memiliki kelebihan diolah secara higenis , tidak berbau dan telah mendapat perizinan terdaftar. Omzet yang dihasilkan dari penjualan susu ini mencapai 30 juta perbulannya

“Terdapat 76 ekor kambing, kami berharap kemitraan dengan Pertamina dapat terus terjalin melalui penguatan modal usaha dan kedepannya memiliki lebih banyak jumlah kambing sehingga usaha susu murni dapat diproduksi lebih banyak lagi dan dapat dipasarkan di Supermarket, di beberapa kota di Indonesia,” ujar Winarko, Kamis (04/02/2021).

Setelah mendapat bantuan Program Kemitraan (PK) dari Pertamina, omzet usaha Winarko meningkat, beliau membuka kerja sama dengan beberapa Peternak kambing, yang mengirimkan hasil susu nya untuk diolah. Susu kambing tidak hanya dijadikan susu segar dan susu cair saja, namun juga diolah menjadi susu bubuk sehingga dapat bertahan lama dan dapat meningkatkan jangkauan pemasaran hingga keluar kota.

Program ini mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan / Suistainable Development Goals (TPB/SDGs) yang merupakan kesepakatan pembangunan berkelanjutan dalam pilar ke 1 dan 8 yaitu Menghapus kemiskinan dan Pertumbuhan Ekonomi.

BACA JUGA:  Wagub Lampung : Reposisi Peran Untuk Wujudkan Pemerintah yang Bersih

Pjs. Unit Manager Communication, Relation & CSR MOR II Agustina Mandayati mengungkapkan, kesuksesan mitra binaan Pertamina dalam mengelola usaha menjadi bukti kesungguhan perusahaan dalam membina para pengusaha kecil. Harapannya, dengan banyaknya mitra binaan yang sukses, bisa membuka peluang lapangan kerja baru.

“Pertamina akan terus mendukung dan juga memfasilitasi para pelaku Usaha Mitra Kecil Menengah (UMKM) agar lebih berkembang dan naik kelas,” tutup Tina.

Jika masyarakat ingin mendapatkan produk susu murni Telaga Rizqy dapat memesan via online melalui market place Shopee Telaga Rizqy, Instagram @telagarizqy_21 , dan bisa langsung dating di toko Telaga Rizqy Metro Timur, Lampung.***

Editor : Robertus Bejo