Mendapat Dukungan Banyak Pihak, PLB Siap Dijalankan di Kota Bandarlampung untuk Kualitas BBM Kendaraan dan Udara yang Lebih Baik

ALTUMNEWS.Com, BANDARLAMPUNG — Langit yang biru dengan kualitas udara yang bersih merupakan keinginan setiap warga negara khususnya di daerah perkotaan.

Program Langit Biru (PLB) merupakan Program Pemerintah untuk mengendalikan pencemaran udara terutama yang bersumber dari kendaraan dengan tujuan meningkatkan kualitas udara bersih dengan mengurangi emisi gas buang melalui edukasi dan mengajak masyarakat merasakan pengalaman manfaat menggunakan BBM berkualitas dan ramah lingkungan.

Implementasi dari Program Langit Biru di Kota Bandarlampung ini yaitu dengan memberikan pengalaman baru bagi konsumen untuk menggunakan BBM jenis Pertalite (RON 90) dengan harga khusus setara harga Premium (RON 88) yaitu Rp6.450 per liter bagi konsumen kendaraan roda dua, roda tiga dan kendaraan umum plat kuning.

Pertalite seharga Premium pada Program Langit Biru ini direncanakan berlangsung selama 6 bulan dengan potongan harga akan dievaluasi setiap 2 bulan. Program ini rencananya akan dimulai pada 14 Maret 2021.

Saat ini, terdapat 27 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kota Bandar Lampung yang siap mengikuti Program Langit Biru.
Unit Manager Communication, Relation & CSR MOR II, Umar Ibnu Hasan mengungkapkan bahwa pelaksanaan PLB ini telah mendapatkan dukungan dari stakeholder terkait, antara lain Pemerintah Daerah, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan Pengusaha SPBU. Dukungan masyarakat pengguna BBM juga mutlak diperlukan.

“Kesadaran masyarakat untuk menggunakan BBM ramah lingkungan juga turut membantu suksesnya PLB ini. Masih saja ditemukan mobil mewah yang menggunakan bahan bakar yang tidak sesuai dengan spesifikasi kendaraan,” tambah Umar.

Peraturan Menteri KLHK No.20 Tahun 2017 tentang Penerapan Bahan Bakar Standar Euro 4 (minimal RON 91), untuk itu Pertamina berkomitmen mendorong penggunaan BBM dengan Research Octan Number (RON) lebih tinggi. Selain meningkatkan kualitas udara bersih dengan mengurangi emisi gas buang, penggunaan BBM dengan RON yang tinggi dapat meningkatkan kinerja mesin kendaraan dan tingkat polusi semakin rendah.

BACA JUGA:  Proses Pembelajaran Berbasis Paradigma Pedagogi Reflektif, Ini Penjelesan Romo Hartana SJ

Sementara itu, Walikota Bandar Lampung, Eva Dwiana siap melaksanakan Program Langit Biru ini untuk kualitas udara dan lingkungan yang lebih baik dan bahkan akan turut membantu mensosialisasikan kepada masyarakat.

“Semoga Pertamina bisa menyampaikan sampai kebawah hingga orang Lampung bisa memahami perubahan ini, mengingat konsumsi BBM di Bandar Lampung cukup tinggi,” tutur Eva.

Bagi pelanggan setia Pertamina yang melakukan pembelian BBM Pertamax Turbo, Pertamax, Pertamina Dex dan Dexlite dengan menggunakan aplikasi MyPertamina, dapatkan promo sebesar Rp300 per liter tanpa batas maksimal periode 1 – 31 Maret 2021.***

Editor : Robertus Bejo