oleh

Gunung Rajabasa, Memiliki Dua Titik Puncak

ALTUMNEWS.Com, KALIANDA — Gunung Rajabasa terletak di Kabupaten Lampung Selatan Provinsi Lampung. Bagi masyarakat umum mungkin hanya mengetahui satu titik puncak, namun ternyata ada dua puncak di gunung yang berjarak kurang lebih 5 km dari Kota Kalianda ke arah selatan ini.

“Sependek pengetahuan kami dari data yg ada, puncak ada 2,” kata Kepala Kesatuan Pengelola Hutan Lindung (KPHL) XIII Gunung Rajabasa, Wahyudi Kurniawan saat dihubungi Altumnews.com, Jumat (26/3/2021).

Menurut Wahyudi, satu puncak berada atau didaki dari jalur pendakian Sumur Kumbang dengan ketinggian 1.281 mdpl.

“Satu puncak lagi didaki dari jalur pendakian Merambung Desa Padan Kecamatan Penengahan, ketinggian 1.250 mdpl,” katanya.

Ditanya terkait nama-nama puncak tersebut, Kepala KPHL XIII Gunung Rajabasa mengaku belum menemukan referensi yang tepat dan pihaknya masih melakukan kajian.

“Kalau nama puncak, belum ada referensi, karena beberapa sumber menamai berbeda. Sedang kami cermati lagi. Ada nama Sepan, Khajabasa, ada nama lain tapi saya lupa. Nama dari dokumentasi yang tertulis belum didapat,” papar Wahyudi.

Puncak utama Gunung Rajabasa lanjut Wahyudi, merupakan puncak dengan ketinggian 1.281 mdpl yang dapat didaki jalur pendakian Sumur Kumbang.

“Ini puncak yang paling sering disebut sebagai puncak Gunung Rajabasa. Dan yg menjadi tujuan pendakian,” jelas Wahyudi.

Dikatakan Wahyudi, Gunung Rajabasa merupakan gunung berapi dengan kerucut vulkanik.

“Ya, cirinya memang menunjukan gunung berapi,” imbuhnya.***

Editor : Robertus Bejo

Komentar

News Feed