oleh

Pengurus FKUB Provinsi Lampung Periode 2021-2025 Dikukuhkan

ALTUMNEWS.com, BANDARLAMPUNG — Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim (Nunik) mengukuhan pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Lampung, di Gedung Pusiban, Kantor Gubernur Provinsi Lampung, Selasa (30/3/2021).

Pada kesempatan itu, Wagub Nunik mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk memerangi radikalisme dan terorisme yang dapat merusak pikiran generasi muda penerus bangsa.

Menurut Nunik, keberadaan FKUB Provinsi Lampung diharapkan dapat menjadi tenda kerukunan yang mengayomi semua umat beragama dari beragam kelompok yang ada di Provinsi Lampung.

Nunik mengucapkan selamat kepada para pengurus FKUB Provinsi Lampung periode 2021-2025 yang baru dilantik dan mendorong untuk bahu membahu bersama-sama melakukan pembinaan keagamaan di Provinsi Lampung.

“Besar harapan Pemerintah Provinsi Lampung kepada segenap pengurus FKUB Lampung periode 2021-2025 untuk bahu membahu bersama-sama melakukan pembinaan keagamaan pada masyarakat guna mewujudkan Provinsi Lampung yang aman, damai dan berjaya,” ujar Nunik.

Dalam kesempatan ini juga, Wagub Nunik mengucapkan belasungkawa atas peristiwa bom bunuh diri di Makasar, Sulawesi Selatan pada Minggu (28/3/2021).

“Saya beserta jajaran Pemerintah Provinsi Lampung sangat prihatin dan seluruh masyarakat Lampung menyampaikan belasungkawa atas peristiwa ini. Saya meminta masyarakat untuk bersabar dan tidak mudah terprovokasi,” ujarnya.

Nunik mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk tetap waspada dan aktif menangkal gerakan terorisme.

“Saya mengharapakan agar masyarakat melaporkan kepada pihak berwajib jika menemukan adanya indikasi mencurigakan baik terhadap seseorang atau kelompok dilingkungan tempat tinggalnya” jelasnya.

Nunik minta segenap pengurus FKUB untuk dapat mempersatukan dan merangkul perbedaan yang ada untuk menjadi sebuah kekuatan sehingga umat beragama tidak terjebak padangan-pandangan sempit dan ekstrem.

Asa FKUB Provinsi Lampung

Ketua FKUB Provinsi Lampung, Dr. Muhammad Bahruddin, M.Ag, mengatakan seremoni pengukuhan ini akan menjadi stimulus spirit pengabdian kepada para pengurus 5 tahun ke depan.

BACA JUGA:  Dinas Sosial Provinsi Lampung Terima Kunker Anggota DPD RI Jihan Nurlela

“Terlihat keseriusan Pemprov (Lampung) men-support program FKUB, tentu akan diikuti instansi vertikal dan organisasi perangkat daerah (OPD) yang lain,“ ucapnya.

Menurut Bahruddin, masyarakat umat beragama di Lampung tahu bahwa ada forum yang spesifik dan akan konsern membangun dan merawat kerukunan di Lampung.

Dijelaskannya, FKUB Lampung memiliki program jangka panjang, diantaranya; melaksanakan tupoksi FKUB, mewujudkan hubungan antar umat beragama yang harmonis dan tolerans.

“Kemudian saling pengertian, saling menghormati dan saling menghargai dalam pelaksanaan ajaran agama masing-masing di Provinsi Lampung,” imbuh Bahruddin.

Sedangkan program jangka pendek lanjut Ketua FKUB Provinsi Lampung diantaranya dengan menggencarkan ajakan atau seruan untuk hidup rukun dan damai antar umat beragama.

“Diantaranya dengan kegiatan dialog-dialog tokoh lintas agama, sosialisasi kerukunan lewat media dan spanduk-spanduk, terutama pada saat hari raya keagamaan seperti natal, idul fitri, nyepi, dll, serta sosialisasi peraturan perundang-undangan tetang kerukunan umat beragama kepada pemuka lintas agama,” pungkasnya.***

Editor : Robertus Bejo

Komentar

News Feed