oleh

Lebaran-Kenaikan Isa Almasih Dirayakan Bersamaan, Romo Roy : Mempererat Toleransi Antar Umat Beragama

ALTUMNEWS.Com, MARGA AGUNG – Perayaan Idul Fitri 1442 Hijriah bersamaan dengan peringatan Kenaikan Isa Al Masih atau Yesus Kristus bagi umat Kristiani khususnya umat Katolik, Kamis (13/5/2021). Peringatan hari keagamaan yang berbeda ini bisa dikatakan istimewa lantaran langka terjadi.

Berkaitan dengan hal itu, Ketua Komisi Hubungan Antar Agama dan Kepercayaan (HAK) dan Kerawam Keuskupan Tanjungkarang, Romo Philipus Suroyo mengajak antar umat beragama bersama-sama membangun kerukunan.

“Selain menjadi hari besar bagi umat agama masing-masing, perayaan Lebaran dan Kenaikan Isa Al Masih kali ini dapat menjadi momen untuk mempererat toleransi antar umat beragama di Indonesia, khususnya di Provinsi Lampung yang kita cintai,” kata Romo Roy, begitu Philipus Suroyo dikenal saat berbincang dengan Altumnews.com di Pastoran Marga Agung, Lampung Selatan, Rabu (12/5/2021).

Seperti diketahui, sidang isbat yang dipimpin Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang digelar Selasa (11/3/2021) memutuskan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah jatuh pada Kamis (13/5/2021). Pada hari yang sama, umat Katolik juga bakal merayakan Kenaikan Isa Almasih atau Yesus Kristus.

Romo Roy mengajak umat Katolik dan Muslim menjadikan momentum ini untuk memupuk kerukunan antar umat beragama, agar perayaan Lebaran 2021 dan Kenaikan Isa Almasih bisa berjalan lancar.

“Mengutip seruan Dewan Kepausan Untuk Dialog Antar Umat Beragama, Kita umat Kristiani dan Muslim terpanggil menjadi pembawa harapan, untuk kehidupan sekarang dan kehidupan yang akan datang, dan menjadi saksi, pemulih dan pembangunan harapan ini, terutama bagi mereka yang mengalami kesulitan dan keputusasaan.”

“Sebagai tanda persaudaraan spiritual kami, kami membawa Anda dalam doa kami, dan kami mengirimkan harapan terbaik untuk Idul Fitri yang penuh kebahagian,” kata Romo Roy.

“Selamat haru raya idul Fitri 1442 H kepada saudara kami umat Muslim. Semoga perayaan ini semakain mempererat ikatan tali persaudaraan, kerukunan, perdamaian dan harmoni di tengah keberagaman yang selama ini kita rajut bersama. Mohon maaf lahir dan batin,” pungkas Romo Roy.

Asal tahu saja, Hari Kenaikan Isa Almasih merupakan momen Yesus Kristus naik ke surga sambil disaksikan oleh murid-murid-Nya. Kejadian ini tercatat dalam Kisah Para Rasul, di mana Yesus berpesan “…kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.”***

Editor : Robertus Bejo

Komentar

News Feed