oleh

Berperan Sebagai Katalis Pembangunan Nasional, PT SMI Tunjukkan Kinerja Positif Selama Pandemi

ALTUMNEWS.Com, JAKARTA — PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (“PT SMI”) yang merupakan Special Mission Vehicle (“SMV”) di bawah koordinasi Kementerian Keuangan (“Kemenkeu”), menggelar kegiatan PT SMI Media Meet Up Mid of 2021 (“PT SMI MMU Mid of 2021”), pada Selasa (29/06). Kegiatan yang diselenggarakan secara virtual ini merupakan agenda rutin PT SMI dalam menjalin komunikasi dengan media sekaligus menjadi wadah untuk berbagi informasi terkait update kinerja perseroan.

PT SMI MMU Mid of 2021 dihadiri oleh seluruh jajaran Direksi PT SMI, yaitu Edwin Syahruzad – Direktur Utama; Sylvi J. Gani – Direktur Pembiayaan dan Investasi; Darwin Trisna Djajawinata – Direktur Operasional dan Keuangan; Faaris Pranawa – Direktur Manajemen Risiko; serta M. Ghozie Indra Dalel – Direktur Pengembangan Proyek dan Jasa Konsultasi. Sekitar 25 jurnalis dari berbagai media nasional turut hadir sebagai peserta dalam kegiatan ini.

Para pembicara memberikan paparan mengenai kinerja keuangan PT SMI hingga kuartal I tahun 2021, progres pelaksanaan penyaluran dana Pemulihan Ekonomi Nasional (“PEN”) kepada Pemerintah Daerah (“Pemda”) dan BUMN, mitigasi risiko dan pengawasan dana PEN yang disalurkan melalui PT SMI, perkembangan perekonomian Indonesia hingga akhir tahun 2021 khususnya di sektor infrastruktur, serta prospek investasi pada sektor infrastruktur di masa pandemi COVID-19.

“Hingga menjelang akhir semester satu tahun 2021, seluruh kegiatan perekonomian nasional dan daerah masih mengalami tantangan hebat akibat Covid-19, tak terkecuali bagi PT SMI. Dengan hadirnya perluasan mandat untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi, PT SMI tetap menjadikan mandat ini sebagai prioritas dan terus memperluas kapasitas kami. Kami senang bahwa kinerja kami juga didukung oleh kualitas aset perseroan yang menunjukkan performa baik,” ujar Edwin.

BACA JUGA:  Kapolri Pastikan Satgas Madago Raya Terus Buru Kelompok MIT yang Tersisa 9 Orang

Catatan kinerja keuangan PT SMI hingga Mei 2021 menorehkan penilaian yang baik dengan total komitmen sebesar Rp111,69 triliun dan outstanding senilai Rp70,28 triliun, dengan nilai proyek yang telah dibiayai sebesar Rp704,35 triliun. Lebih jauh, pendapatan usaha PT SMI tahun 2021 hingga bulan Mei tercatat telah mencapai Rp2,13 triliun dengan laba bersih Rp754 miliar.

Pada tahun 2020, PT SMI mendapatkan perluasan mandat dari Kemenkeu untuk menyalurkan dana PEN kepada Pemda dan BUMN berupa pinjaman PEN Daerah senilai Rp20 triliun (Rp10 triliun dana APBN dan Rp10 triliun dana PT SMI). PT SMI juga telah menyalurkan dana PEN berupa Investasi Pemerintah senilai Rp15 triliun untuk tiga BUMN, yaitu PT Kereta Api Indonesia (Persero), PT Krakatau Steel (Persero) Tbk., dan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Dana tersebut ditujukan untuk membantu kinerja masing-masing BUMN dalam mengatasi dampak pandemi terhadap pendapatan usaha.

PT SMI berkomitmen untuk terus mendukung proyek-proyek strategis nasional yang bermanfaat bagi masyarakat luas untuk mencapai tujuan pembangunan yang berkelanjutan, seperti proyek terkait climate change dan green energy. PT SMI juga berkolaborasi dengan para stakeholder untuk terus melakukan capacity building dan sosialisasi terkait produk-produk pembiayaan inovatif PT SMI, seperti platform SDG Indonesia One (SIO) dan Green Bond dengan tujuan mengoptimalisasi pembiayaan proyek infrastruktur berwawasan lingkungan di Indonesia.

PT SMI terus berupaya menjaga dan mengoptimalkan kepercayaan publik dalam setiap kegiatan bisnisnya melalui pengelolaan dan mitigasi risiko yang dikelola dengan baik, dengan senantiasa menerapkan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik (Good Coorporate Governance – GCG), transparansi dan akuntabel, agar setiap aktivitas bisnis PT SMI berdampak positif terhadap aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan.***

BACA JUGA:  Penyerahan Santunan Jasa Raharja Lampung Capai 13,2 Miliar

Editor : Robertus Bejo

Komentar

News Feed