Kapolda Lampung Pimpin Apel Kesiapan Vaksinasi Keliling Covid-19

ALTUMNEWS.Com, BANDARLAMPUNG — Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno, pimpin apel kesiapan vaksinasi covid-19 keliling, Rabu (21/7/2021) di lapangan Saburai Bandarlampung.

Kapolda menyampaikan vaksinasi massal sudah dilaksanakan, namun perlu ditingkatkan lagi.

“Strategi kita adalah mendatangi langsung ke tengah-tengah masyarakat, guna memudahkan masyarakat dalam melaksanakan vaksin, dengan sarana kendaraan dan personil TNI-Polri yang telah disiapkan,” kata Hendro.

Hendro menjelaskan untuk wilayah Kabupaten, Polres jajaran Polda Lampung diminta manfaatkan kendaraan yang ada untuk menjangkau daerah daerah pemukiman warga yang akan divaksinasi.

“Karna jangkauan masyarakat serta geografis Lampung sangat luas, Kemudian faktor kondisi fisik masyarakat yang tidak memungkinkan untuk datang ke tempat vaksinasi, sehingga perlu upaya upaya kita untuk mendatangi langsung ke tengah tengah masyarakat, guna percepatan vaksinasi covid-19,” imbuh Hendro.

“Negara memerintahkan kita wajib hadir di tengah tengah masyarakat, makanya ini salah satu langkah kita dalam upaya meningkatkan vaksinasi di Provinsi Lampung lebih cepat tercapai,” tambah Hendro.

“Dari 1 juta vaksin yang sudah kita terima, saat ini capaian vaksinasi Provinsi Lampung sudah 78 persen, mudah mudahan dengan upaya upaya yang kita lakukan, dapat mempercepat proses vaksinasi di Provinsi Lampung,” tambahnya.

Menurut Hendro untuk daerah daerah yang terletak di pulau-pulau, sekitar wilayah Kabupaten di Provinsi Lampung, Polda Lampung juga telah menyiapkan kapal laut yang akan difasilitasi oleh Direktorat Polair (Dit Polair) Polda Lampung.

“Jadi saya minta Dinas Kesehatan Kabupaten jangan ada kendala, terkait sarana transportasi dan personil, Polda Lampung bersama dengan TNI, siap mendukung pelaksanaan percepatan vaksinasi covid-19, jika ada kendala silakan kordinasikan ke polres atau polsek setempat, karena tujuan kita adalah bagaimana masyarakat dapat tervaksinasi dengan baik,” tambahnya.

BACA JUGA:  XL Axiata Raih Pertumbuhan Yang Solid Mengungguli Industri Dengan Performa Jaringan Terbaik

Untuk target vaksinasi covid-19 keliling yang laksanakan, khususnya Polri yaitu 29.000 dosis vaksin, kemudian dari pemerintahan daerah sekitar 37.600 dosis vaksin.

“Semua secara bersama sama dan terkoordinasi dengan baik antara Pemda dengan TNI-Polri, untuk melaksanakan vaksinasi covid-19. Kami berharap jangan ada ego sektoral, semua yang kita lakukan demi kesehatan masyarakat,” tegas Hendro.

Di sisi lain Polda Lampung telah menyalurkan bantuan sosial ke masyarakat yang terdampak PPKM Darurat, sebanyak 4.000 paket Bantuan sosial.

Dalam minggu ini Polda Lampung akan bekerjasama dengan Paguyuban Sosial Masyarakat Tionghoa (PSMTI) untuk menyiapkan 10.000 paket bantuan sosial, dengan rincian untuk wilayah Bandarlampung, akan disalurkan sebanyak 3.000 paket bantuan sosial.

“Kota Metro sebanyak 1.000 paket bantuan sosial, sisanya untuk semua kabupaten sebanyak 500 paket per kabupaten, nanti secara bertahap kita salurkan bantuan sosial tersebut kepada masyarakat, dengan cara pendistribusian bansos tersebut, dari rumah ke rumah masyarakat yang sudah kami datakan melalui Babinsa dan Bhabinkamtibmas, masing-masing desa di kabupaten Provinsi Lampung,” jelas Hendro.

Kepala Dinas kesehatan (Kadinkes) Provinsi Lampung, Reihana mengatakan bahwa kasus Konfirmasi covid-19 dalam beberapa hari ini mengalami penurunan.

“Itu dilihat dari BOR (Bed Occupation Rate) rumah sakit, Dinkes Provinsi Lampung juga telah meningkatkan tes dan tracing, kepada warga, dari hasil tes tersebut ada beberapa warga yang positif covid-19, akan tetapi gejalanya hanya ringan dan kami sarankan untuk isoman (isolasi mandiri),” kata Reihana.

“Dengan kegiatan vaksinasi covid-19 keliling Polda Lampung ini, mudah mudahan Tuhan melindungi kita semua dari wabah Covid-19 ini, tujuan kami adalah untuk kesehatan masyarakat, apabila masyarakat sehat, otomatis ekonomi akan berjalan seperti sedia kala,” tutup Hendro.

BACA JUGA:  Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno Ajak Masyarakat Lakukan Vaksin Covid-19

Sebagai informasi, hadir dalam kegiatan apel tersebut, Wakapolda Lampung beserta Pejabat Utama (PJU) Polda Lampung, Perwira Staf Korem 043/Garuda hitam, Walikota Bandar Lampung, hj. Eva Dwiana, Kepala Dinas kesehatan (Kadinkes) Provinsi Lampung, Sekda Provinsi Lampung, serta Forkopimda Provinsi dan kota Bandar Lampung.

Apel kesiapan tersebut melibatkan personil TNI-Polri, tenaga vaksinator dari Biddokkes (Bidang Kedokteran dan Kesehatan) Polda Lampung, dan puluhan kendaraan dinas Polda Lampung, untuk mendukung pelaksanaan kegiatan vaksinasi covid-19 keliling di Provinsi Lampung.***

Editor : Robertus Bejo