Gandeng PW Muhammadiyah, FKUB Lampung Gelar Vaksinasi Covid-19

ALTUMNEWS.Com, BANDARLAMPUNG — Dengan mengusung tema “Vaksinasi Covid-19 Sebagai Ikhtiar Mencegah Pandemi”, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Lampung menggelar vaksinasi covid-19. FKUB Lampung menggandeng Pengurus Wilayah (PW) Muhammadiyah Lampung.

Pelaksanaan vaksinasi covid-19 dipandu langsung Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) Lampung yang diikuti sekitar 250 orang warga dari berbagai lintas agama. Vaksinasi ini berlangsung di Klinik Pratama Bimu Medika Muhammadiyah Jl.Sentot Ali Basya Pasar Tempel Sukarame, Bandarlampung pada Sabtu (14/8).

Ketua umum FKUB Lampung, Dr.H.M.Bahruddin,MAg menyampaikan FKUB Lampung mengapresiasi kerjasama PW Muhammadiyah dalam pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 untuk warga lintas agama terutama pemuka agama dan keluarganya.

“Karena layanan agama di tempat ibadah baik itu di Masjid, Gereja, Vihara dan lainnya tidak pernah libur dan bersentuhan langsung dengan masyarakat. Ini alasan kami untuk memvaksin Covid-19 tujuan meningkatkan imunitas pemuka agama dan keluarganya,” ucapnya dalam release yang diterima Altumnews.com, Sabtu (14/8/2021).

Ketua umum FKUB Lampung, Dr.H.M.Bahruddin,MAg didampingi Wakil Sekretaris FKUB Lampung Dra. Istutiningsih,M.Kom.I dan Pengurus FKUB Lampung, Pendeta Perlindungan Pinem.

Dr.H.Sudarman.MA, Sekretaris PW Muhammadiyah Lampung menjelaskan, PW Muhammadiyah Lampung melaksanakan Vaksinasi Covid-19 sebanyak 5000 paket vaksin dilaksanakan berbagai lokasi sejak 9 Agustus 2021 yang pelaksanaan Covid-19 dipandu langsung tim MCCC Lampung. Yakni 2000 vaksinasi pelaksanaan di Metro, 2000 vaksinasi pelaksanaan di Universitas Muhammadiyah Lampung (UML).

“Khusus hari ini (Sabtu, 14 Agustus 2021) dilaksanakan di Klinik Pratama Bumu Medika sebanyak 250 vaksin tahap I untuk warga, lintas agama dan lainnya,” jelasnya.

Dr.Sudarman pun berharap PW Muhammadiyah akan mendukung penuh Program pemerintah diharapkan dapat meningkatkan imun tubuh masyarakat dan masyarakat menjadi sehat serta melakukan gerakan memberantas berita hoaks bersama dan edukasi masyarakat agar sama sama mewujudkan masyarakat sehat.

BACA JUGA:  Telkomsel Gelar Poin Festival 2023, Hadirkan Ragam Keseruan dan Program Loyalitas bagi Pelanggan di Penghujung Tahun

Terkait Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19, Ketua MCCC (Muhammadiyah Covid-19 Command Center) Lampung dr.Wirman menyampaikan Ketersedian Vaksinasi Covid-19 sebanyak 5000 paket vaksin ini merupakan bantuan dari tim MCCC Pusat kepada MCCC Lampung. “MCCC Pusat melakukan Vaksin covid-19 tahap awal sebanyak 2 juta dosis se-Indonesia dan Khusus MCC Lampung mendapatkan jatah 5000 paket Vaksin Covid-19 Tahap I, “kata dia.

Tujuan Vaksinasi Covid-19 ,lanjut dr.Wirman yakni bentuk kepedulian PW Muhammadiyah terutama MCCC dalam mendukung program pemerintah dalam membantu program Vaksinasi Covid-19 agar meningkatkan imunitas kepada warga.

Ini juga guna mewujudkan Herd Immunity yang membantu menekan penyebaran virus corona,tambah dr.Wirman, dimana untuk mewujudkan hal tersebut Vaksinasi diatas 60 persen baru terwujud Herd Immunity.

“Untuk saat ini Lampung baru mencapai 5.5 persen Vaksinasi Covid-19 dan dari data pusat informasi Lampung masih rendah tingkat Vaksinasi. Maka kita kejar untuk melakukan Vaksinasi tersebut, “ucapnya.

Pelaksanaan Vaksinasi Tahap I ini berlangsung secara bertahap, kata dr.Wirman dimana sasarannya bukannya hanya pengurus PW Muhammadiyah tapi sasarannya untuk masyarakat umum.

“Kalau warga muhammadiyah saja di vaksin ternyata mereka bersilahturahmi dengan warga lainnya yang tampa sadari mereka terkonfirmasi positif bisa akibat bisa jadi virus corona mengenai warga muhammadiyah.Maka dari itu PW Muhammadiyah terus melakukan Vaksinasi Covid-19 tidak hanya warga muhammadiyah, namun juga warga lintas agama dan lainnya,” tutupnya.***

Editor : Robertus Bejo