oleh

Desa Harapan Jaya Pesawaran Masuk 100 Besar Desa Wisata Indonesia 2021

ALTUMNEWS.Com, PESAWARAN – Desa Harapan Jaya yang tersohor dengan objek wisata Bukit Cendana dan Air Terjun Sinar Tiga berhasil masuk ke dalam 100 besar Desa Wisata pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 yang diluncurkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Pengumuman ADWI disampaikan langsung oleh Menparekraf melalui laman sosial media ADWI pada Rabu (18/08/2021).

Desa Harapan Jaya yang terletak di Kecamatan Way Ratai Kabupaten Pesawaran ini terpilih dari 1831 Desa Wisata yang mendaftar dari 34 Provinsi di Indonesia ke dalam 100 besar.

Desa Harapan Jaya merupakan sebuah desa kecil di kaki Gunung Pesawaran atau Gunung Sukma Ilang yang berhasil mengembangkan potensi wisatanya. Sebagaimana diketahui di desa ini terdapat objek wisata tersohor di Lampung di antaranya; Bukit Cendana, Air Terjun Sinar Tiga, Air Terjun Tirta, Kolam Renang Tirto Langgeng dan Bukit Lantana.

Setiap hari Desa Harapan Jaya jauh dari sepi dan selalu ramai dikunjungi wisatawan baik dari Lampung maupun luar provinsi.

Kepala Desa Harapan Jaya, Susalit Cokro Aminoto mengungkapkan rasa bangga atas terpilihnya Harapan Jaya dalam 100 besar Desa Wisata menurut penilaian dari Kemenparekraf.

“Kami merasa bangga bisa mewakili Pesawaran mengikuti ajang ini. Dan kini tim kreatif kami di bawah pimpinan Budi Syahbudin selaku ketua BUMDES, anggota Kasogi Mandala Putra, Joko Awaludin, Rohidin dan semua ketua seksi destinasi wisata sedang mempersiapkan untuk laju ke tahapan berikutnya,” jelas Cokro kepada Altumnews.com, Minggu (22/8/2021).

Menurut Cokro, Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 ini merupakan wadah yang sangat membantu dalam mempromosikan desanya.

“Kami minta dukungan penuh dari dinas pariwisata supaya bisa maju ke tahapan berikutnya. Harapannya kedepan pemerintah daerah lebih giat mendorong dan memberikan anggaran untuk kemajuan wisata,” katanya.

BACA JUGA:  PLN Peduli Serahkan Bantuan untuk Rumah Ibadah dan Ponpes di Lampung

Atas pencapaian ini Kades Harapan Jaya berharap dapat masuk 10 besar. “Kami bersama tim kreatif desa sedang berusaha masuk 50 besar, syukur-syukur bisa masuk 10 besar,” imbuh Cokro.

Kades Cokro mengaku semakin termotivasi bersama warga desanya untuk terus memajukan Harapan Jaya, terutama potensi wisata.

“Dengan adanya penghargaan ini akan menjadikan motivasi kami untuk terus membangun pariwisata di desa kami, semangat dalam mengembangkan desa wisata yang maju dan berkelanjutan,” pungkasnya.***

Editor : Robertus Bejo

Komentar

News Feed