Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung Gelar Kegiatan Pajak Bertutur

ALTUMNEWS.Com, BANDARLAMPUNG – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Bengkulu dan Lampung beserta seluruh unit kerja di lingkungan Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung menggelar kegiatan Pajak Bertutur. Kegiatan dilaksanakan serentak oleh unit kerja Direktorat Jenderal Pajak di seluruh Indonesia.

Pajak Bertutur adalah rangkaian kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan literasi kesadaran pajak kepada dunia pendidikan, bertujuan untuk menanamkan kesadaran pajak sejak dini serta menyiapkan generasi emas yang sadar pajak.

Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76, Pajak Bertutur 2021 mengusung tema “Generasi Muda Sadar Pajak, Wujud Bela Negara” dan tagline “Pajak bertutur 2021: Sehari Mengenal, Selamanya Bangga”.

Pajak Bertutur tahun ini masih dilaksanakan secara daring karena dalam situasi pandemi Covid-19. Kegiatan Pajak Bertutur di lingkungan Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung dilaksanakan bersama 11 Perguruan Tinggi yang telah menjalin kerja sama pembentukan Tax Center yaitu: Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya, Institut Agama Islam Negeri Bengkulu, Universitas Lampung, Politeknik Negeri Lampung, Universitas Malahayati, Universitas Mitra Indonesia, Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Universitas Muhammadiyah Metro, Universitas Muhammadiyah Pringsewu, Universitas Muhammadiyah Kotabumi dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gentiaras.

Kegiatan ini diikuti oleh 245 Peserta, yang terdiri dari perwakilan Dosen Mata Kuliah Wajib Umum (MKWU), Ketua Tax Center dan mahasiswa dari 11 Universitas yang tergabung dalam Tax Center.

Pada saat yang sama Kantor Pelayanan Pajak (KPP) dan Kantor Pelayanan, Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) di lingkungan Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung juga mengadakan Pajak Bertutur di wilayah kerja masing-masing dengan melibatkan siswa SMP dan SMA, dengan total 722 peserta.

Dalam Kegiatan Pajak bertutur 2021, pada sesi Menteri Menyapa, Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani Indrawati menyampaikan, apapun profesi yang dipilih oleh generasi muda kelak, mereka harus menjalankan kewajiban perpajakan secara benar sebagai perwujudan rasa cinta kepada bangsa dan negara. Hal tersebut juga merupakan bentuk dukungan dalam proses pencapaian cita-cita besar Republik Indonesia.

BACA JUGA:  Collabonation Tour Hadir Menyapa Padang untuk Rasakan Langsung Jaringan Baru Indosat Ooredoo Hutchison

“Generasi muda memiliki peran dan tanggungjawab dalam mewujudkan Indonesia yang adil dan sejahtera,” jelas Sri Mulyani, Rabu (25/8/2021).

Dalam kesempatan ini, Kepala Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung memberikan penghargaan kepada 4 Perguruan Tinggi yakni: Politeknik Negeri Lampung, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gentiaras, Universitas Lampung, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

Penghargaan ini diberikan atas peran serta dan dukungan dalam pelaksanaan Inklusi Pajak Tahun 2021-2022 dengan menerapkan dan memasukkan materi perpajakan pada Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Mata Kuliah Wajib Umum (MKWU).

Kepala Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung Tri Bowo mengapresiasi stakeholders, dalam hal ini Perguruan Tinggi yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan inklusi kesadaran pajak yang diadakan Direktorat Jenderal Pajak.

“Melalui inklusi perpajakan diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, pemahaman, serta kesadaran perpajakan mahasiswa melalui proses belajar-mengajar,” ungkapnya.***

Editor : Robertus Bejo