Unila Gelar Sosialisasikan Pelestarian Anggrek Melalui Webinar Nasional

ALTUMNEWS.Com, BANDARLAMPUNG — Sesuai komitmen Universitas Lampung (Unila) sebagai kampus hijau, maka kampanye secara nyata dan konsisten dalam upaya pelestarian lingkungan serta konservasi biodiversity terus dilakukan.

Sebagai upaya berkesinambungan dan terencana, Unila melalui SDG’s Center akan menyelenggarakan Webinar Nasional pada 4 September 2021. Kegiatan mengusung tema “Campus Garden Berbasis Konservasi Anggrek Alam dan Pengembangan Anggrek Hibrida untuk Mewujudkan Kampus Berkelanjutan”.

Webinar dilaksanakan dengan menghadirkan narasumber dari berbagai kalangan yaitu akademisi, praktisi, pengusaha, dan instansi konservasi yaitu Kebun Raya, Lipi.

Webinar nasional ini ditujukan sebagai media diskusi dan berbagi pengalaman tentang upaya konservasi, teknik budidaya serta peluang bisnis anggrek hibrida.

Selain itu, seminar dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat akan budidaya anggrek, serta mengenalkan perawatan berbagai anggrek hibrida dan spesies.

Bukti upaya konservasi tanaman anggrek di Unila telah dilakukan melalui gerakan awal program penanaman anggrek spesies dan hibrid pada pohon-pohon rindang dan tinggi di sekitar Gedung Rektorat Unila pada 11 Juni 2021.

Adapun lingkup dan tujuan kegiatan antara lain menyosialisasikan pelestarian berbagai anggrek spesies dan hibrid, meningkatkan pemahaman masyarakat akan budidaya anggrek, mengampanyekan gerakan konservasi anggrek di kampus, serta meningkatkan peringkat GreenMetrics Unila sekaligus implementasi SDGs 13 dan 15.

Prof. Dr. Ir. Dwi Hapsoro, M.Sc., selaku ketua pelaksana kegiatan mengatakan, panitia penyelenggara mengundang empat narasumber yang berfokus pada riset di bidang konservasi anggrek, budidaya, serta aspek bisnis anggrek hibrida.

Mereka meliputi Prof. Dr. Ir. Yusnita, M.Sc., dari Program Studi Agronomi dan Hortikultura, Fakultas Pertanian Unila, sebagai pakar budidaya berbagai tanaman hias dan anggrek, akan memberikan materi tentang Aplikasi Zat Pengatur Tumbuh pada Budidaya Anggrek Hibrida.

BACA JUGA:  Universitas Lampung Buka 204 Formasi PPPK

Selanjutnya Prof. Dr. Endang Semiarti, M.S., M.Sc., dari Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada yang menyampaikan materi tentang Campus Garden untuk Mendukung Konservasi Anggrek Alam.

Kemudian Dedek Setia Santoso, S.Sos., selaku pemulia anggrek hibrida dan Pemilik Nursery DD Orchid, Malang, akan menyampaikan materi tentang Pengembangan dan Bisnis Anggrek Hibrida.

Ir. Dwi Murti Puspitaningtyas, M.Sc., dari Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya Bogor, Lipi, yang akan menyampaikan materi tentang Konservasi Anggrek Alam Indonesia: Prospek dan Tantangannya.***

Editor : Robertus Bejo