Pasca Gempa di Pasaman Barat XL Axiata Pastikan Jaringan Normal Kembali Dan Salurkan Donasi Darurat

Berita Utama, Ekonomi2,049 views

ALTUMNEWS.Com, PASAMAN BARAT — PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memastikan, per Minggu pagi (27/2), jaringan telekomunikasi dan data sudah kembali beroperasi secara normal, pascagempa 6,2 SR yang mengguncang wilayah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, Jumat pagi, (25/2). Sesaat setelah gempa kuat tersebut terjadi, layanan sempat mengalami kendala karena aliran listrik padam. Tim XL Axiata di lapangan sudah langsung melakukan upaya pemulihan (recovery ) sesaat setelah layanan terdeteksi terganggu. Tim XL Axiata terus bekerja semaksimal mungkin untuk memulihkan layanan di Pasaman Barat.

Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi, mengatakan, “Hingga Minggu siang ini, kami pastikan jaringan sudah normal kembali sehingga masyarakat Pasaman Barat bisa memanfaatkanya untuk berkomunikasi. Sebagai bagian dari masyarakat Pasaman Barat, XL Axiata turut berduka sedalam-dalamnya atas musibah gempa bumi yang mengakibatkan jatuh korban jiwa dan kerusakan yang terjadi. Tim kami, termasuk di lapangan, saat ini terus bekerja keras untuk memastikan kondisi jaringan di lokasi bencana.”

Desy menambahkan, pemulihan jaringan menjadi prioritas tim XL Axiata di lapangan agar bisa segera dimanfaatkan oleh masyarakat, juga untuk mendukung proses tanggap darurat dan penanganan korban oleh aparat terkait. Meski jaringan sudah bisa dipulihkan, tim teknis XL Axiata di lapangan masih bersiaga untuk mengantisipasi jika terjadi gempa susulan. Selain itu, tim XL Axiata juga memastikan ketersediaan kartu perdana dan pengisian pulsa maupun paket XL dan AXIS di toko-toko area Pasaman Barat.

Di wilayah Kabupaten Pasaman Barat, XL Axiata memiliki lebih dari 140 BTS, sebanyak lebih dari 70 di antaranya adalah 4G LTE. Sementara itu, di seluruh Provinsi Sumatera Barat, XL Axiata memiliki total lebih dari 3.300 BTS, dengan 1.700 BTS di antaranya 4G LTE.

BACA JUGA:  Karyawan XL Axiata dan Komunitas Jurnalis Rutin Donor Darah, Ratusan Kantong Darah Disumbangkan Selama 2023

Karyawan XL Axiata salurkan bantuan

Karyawan XL Axiata melalui Majelis Ta’lim XL Axiata (MTXL) menyalurkan lagi bantuan darurat bagi warga yang terlanda bencana. Minggu ini (27/02) juga tim XL Axiata segera akan menghantarkan bantuan ke lokasi yang membutuhkan. Sementara ini, bantuan akan fokus disalurkan ke wilayah Desa Kajai dan Talu, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat yang mengalami dampak terberat, di mana puluhan rumah rusak berat dan banyak warga yang terluka serta mengungsi.

Menurut Ketua MTXL Axiata, Yanuar Tirta Kumaya, bantuan yang disalurkan ini merupakan hasil pengumpulan dana infaq karyawan XL Axiata yang secara rutin dikumpulkan setiap bulan dan dikelola pihaknya untuk disalurkan kepada orang-orang yang berhak menerima. Bantuan berupa bahan-bahan kebutuhan pokok sehari-hari seperti beras, minyak goreng, teh, sarden, telur ayam, gula dan kopi sangat dibutuhkan masyarakat yang saat ini terdampak gempa di Pasaman Barat. Semoga bantuan ini bermanfaat.***

Editor : Robertus Bejo