oleh

KSP Kopdit Mekar Sai Gelar Rapat Anggota Tahunan 2022

ALTUMNEWS.Com, BANDARLAMPUNG — KSP Kopdit Mekar Sai menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) dengan agenda utama pertanggungjawaban pengurus masa bakti 2019 -2021. RAT akan dirangkai dengan Rapat Anggota Khusus (RAK) untuk pemilihan pengurus dan pengawas masa bakti 2022 – 2024.

Rapat dilakukan secara online dengan undangan sebanyak 400 peserta dari unit-unit, termasuk di dalamnya pengurus, pengawas dan manajemen. Rapat dibuka oleh A. Haryono Daud, Ketua Pengurus KSP Kopdit Mekar Sai dengan pimpinan rapat Ignatius Yoga Adi Nugroho dan sekretaris rapat Silvia Damayanti.

RAT merupakan agenda rutin koperasi sebagai bentuk pertanggungjawaban kerja pengurus dan pengawas sepanjang tahun buku yang lalu.

Yohanes Dwi Ady K., Ketua Panitia RAT bersama dengan seluruh kepanitiaan mempersiapkan agenda tahunan ini selama tiga bulan terakhir dengan fasilitas jaringan daring.

“Kita belum selesai dari pandemi Covid-19 dengan berbagai varian baru dan dampaknya. Kondisi ini membuat kami tetap memilih menggunakan konsep daring dan luring terbatas bagi penyelenggara dalam pelaksanaan rangkaian acara RAT. Daring dilakukan menggunakan media zoom meeting yang diikuti oleh perwakilan anggota dari tempat masing-masing. Dipadu dengan cara luring bertempat di Kantor KSP Kopdit Mekar Sai diikuti oleh pengurus dan pengawas serta panitia penyelenggara,” ujar Dwi.

Lebih lanjut Dwi mendorong keaktifan peserta RAT mulai dalam persiapan, pelaksanaan, maupun dalam kerja KSP Kopdit Mekar Sai selanjutnya. Media sosial Mekar Sai sudah diisi dengan berbagai materi yang dibutuhkan dalam pelaksanaan RAT maupun RAK sehingga anggota bisa mengakses media tersebut untuk melengkapi informasi yang dibutuhkan di samping materi yang sudah dibagikan dalam bentuk buku RA 2022.

Tahun 2022 menjadi tahun suksesi pengurus pengawas KSP Kopdit Mekar Sai. Itulah yang menjadi agenda satu-satunya dalam RAK kali ini. Untuk pemilihan pengurus dan pengawas, KSP Kopdit Mekar Sai membentuk panitia nominasi yang sudah bekerja selama sekitar satu tahun untuk menyeleksi calon-calon pengurus dan pengawas usulan dari unit-unit yang ada. Ketua panitia nominasi, Agustinus Sarman menyatakan ada sebelas calon pengurus dan enam calon pengawas yang sudah terjaring. Pemilihan akan dilakukan secara virtual dengan memilih melalui link yang sudah dibuat.

BACA JUGA:  Potret Diri Studiklub Teater Mahasiswa (STM) Universitas/IKIP Kristen Satya Wacana di Salatiga

Tema yang diangkat dalam RAT kali ini merujuk pada perubahan yang akan dicapai oleh KSP Kopdit Mekar Sai dengan melihat dan mengikuti perkembangan zaman. Terkait dengan hal tersebut, A. Haryono Daud, ketua pengurus KSP Kopdit Mekar Sai menyatakan bahwa rencana strategi yang sudah disusun oleh pengurus KSP Kopdit Mekar Sai untuk masa tiga tahun, dengan target per tahun.

“Perubahan yang utama yang dibutuhkan adalah kepemimpinan yang transformatif dan inklusi, sehingga tidak ada yang lebih rendah atau lebih tinggi. Setiap perbedaan justru menjadi kontribusi yang berharga untuk perkembangan koperasi,” ujar Haryono.

Untuk menuju perubahan tersebut ada beberapa point yang ditandaskan oleh Haryono. Yang pertama dan utama adalah mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) demi kelanggengan KSP Kopdit Mekar Sai.

“Kedua adalah mempersiapkan organisasi menuju budaya digital. Hal itu juga yang menjadi fokus dalam RAT kita kali ini, dalam isi maupun cara. Sedangkan yang ketiga, KSP Kopdit Mekar Sai mesti mengembangkan organisasi melalui kepatuhan terhadap peraturan perundangan yang berlaku. Ini pun menuntut pemahaman dan keaktifan seluruh unsur yang ada dalam organisasi karena peraturan perundangan selalu bersifat dinamis.”

Pada bagian akhir, Haryono mendorong anggota KSP Kopdit Mekar Sai untuk berpartisipasi aktif mengontrol jalannya organisasi koperasi salah satunya melalui aplikasi digital.

Haryono mengingatkan bahwa anggota mempunyai hak yang mesti terjamin pemenuhannya. Dengan menggunakan aplikasi Sakti.link, anggota bisa melakukan pengecekan setiap waktu secara digital, bisa mendapatkan bermacam manfaat melalui transaksi yang dimungkinkan, dan yang tak kalah penting ikut dalam isu global ramah lingkungan dengan mengurangi penggunaan kertas.

HASIL PEMILIHAN

Ketua pengurus: Andreas Muhi Pukai
Wakil ketua : Antonius Widi Asmoro
Sekretaris 1 : Yohanes De Deo Atmoko
Sekretaris 2 : Yustinus Kristiyono
Bendahara : A. Suharyono Daud

BACA JUGA:  BPJS Kesehatan Laporkan Kebocoran Data Peserta ke Bareskrim Polri

Ketua Pengawas: Ch. Dwi Yuli Nugrahani
Sekretaris : Andreas Toto Haryadi
Anggota : Th. Agus Sutarna.***

Editor : Robertus Bejo

Komentar

News Feed