Kolaborasi Telkomsel dan Ancol Perkuat Wisata Indonesia menuju Smart & Green Theme Park

Ekonomi, Travel2,240 views

ALTUMNEWS.Com, JAKARTA — Guna mengakselerasi transformasi lintas industri, Telkomsel menjalin kolaborasi dengan PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk (Ancol) dalam implementasi digitalisasi dan teknologi internet-of-things (IOT) di beberapa destinasi wisata yang berada di bawah pengelolaan PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, termasuk arena Taman Impian Jaya Ancol di Jakarta. Komitmen kolaborasi tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman tentang Penerapan Smart & Green Theme Park pada Destinasi Wisata antara kedua pihak di Jakarta.

Dengan penandatanganan nota kesepahaman digitalisasi destinasi wisata ini, Telkomsel dan Ancol sepakat untuk selanjutnya membuka potensi kerja sama lebih dalam untuk menghadirkan customer journey dan engagement yang lebih baik dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap pengunjung dan mendorong tingkat kunjungan kawasan Taman Impian Jaya Ancol ke depannya. Telkomsel dan Ancol juga berharap dapat merealisasikan solusi cost-saving for utilities hingga 30 persen, serta asset monitoring yang lebih efektif di kawasan properti wisata Ancol menggunakan ekosistem aset dan solusi digital yang dihadirkan melalui unit bisnis Telkomsel Enterprise.

Direktur Sales Telkomsel Adiwinahyu B. Sigit menjelaskan, “Kerja sama strategis ini mendemonstrasikan keberlanjutan komitmen Telkomsel sebagai digital connectivity enabler yang mengedepankan pemanfaatan aset dan teknologi digitalnya bagi kemajuan berbagai sektor di Indonesia, khususnya dalam mendukung tujuan transformasi digital yang dilakukan oleh PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk. Melalui unit Telkomsel Enterprise, kami meyakini dapat menghadirkan berbagai solusi digital yang membukakan lebih banyak potensi kemajuan dalam mengakselerasi transformasi digital pada sejumlah destinasi wisata yang dikelola oleh Ancol. Dengan menjadi rekan strategis bagi Ancol untuk #MelesatPasti dengan digital, Telkomsel dapat terus membangun dan memajukan ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan.”

BACA JUGA:  XL Axiata Dorong Swasta Tingkatkan Pemberdayaan Pekerja Perempuan

Direktur Transformation & Business Development PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk Wing Antariksa menambahkan, “Sebagai perusahaan pengelola kawasan wisata terbesar dan terpadu di Indonesia, PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk. terus berinovasi dalam pengembangan produk dan layanan. Setelah menerapkan digitalisasi dalam ticketing online dan meluncurkan Ancol Apps, kini Ancol tengah menyiapkan transformasi digital ke tahap selanjutnya yaitu Smart & Green Theme Park pertama di Indonesia. Dalam rangka mewujudkan inovasi tersebut, Ancol menjalin kolaborasi bersama dengan perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia, Telkomsel. Nota kesepahaman ini melandasi peluang kerja sama dalam penerapan IOT dan electric vehicle sebagai pengalaman baru dalam industri rekreasi dan pariwisata. Kami berharap kolaborasi dengan Telkomsel dapat menaikkan interaksi antara Ancol dengan pengunjung melalui saluran digital terkini, yang bertujuan untuk meningkatkan antusiasme pengunjung berwisata ke Ancol. Pada tahun ini, Ancol menargetkan jumlah kunjungan naik 57 persen atau di angka 5,5 juta pengunjung.”

Sebagai tahap awal, Telkomsel dan Ancol akan menjajaki sejumlah skenario implementasi use case solusi bisnis dan layanan berbasis teknologi IOT. Pertama, Telkomsel akan mengembangkan aspek Customer Experience pada destinasi wisata Ancol dengan implementasi Smart Utility, Smart Lighting, Electric Vehicle, Autonomous Bus, hingga Integrated Smart Dashboard. Kemudian sebagai use case pada aspek Digital Engagement dan Single Customer View di destinasi wisata Ancol, Telkomsel akan mengembangkan Customer Engagement Platform.

Selain itu, Telkomsel pun berencana menerapkan use case RFID dan Computer Vision untuk digitalisasi Visitor Tracking dan Crowd Management. Untuk meningkatkan produktivitas pengembangan sistem digital di Ancol, Telkomsel juga akan mengimplementasikan Officeless Operation System dengan kapabilitas Low Code Platform.

“Penerapan Smart & Green Theme Park Taman Impian Jaya Ancol dan beberapa destinasi wisata yang berada di bawah pengelolaan PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk tentu akan melengkapi portfolio penerapan digitalisasi oleh Telkomsel di destinasi wisata, kawasan bisnis, sektor industri, dan smart city. Semoga kolaborasi ini dapat menjadi contoh bagaimana potensi akselerasi transformasi digital dapat ditemukan dan diimplementasikan di berbagai sektor industri di Indonesia. Kami akan terus berupaya membuka semua peluang bagi berbagai sektor untuk dapat berkembang melalui pemanfaatan teknologi dan solusi digital terdepan Telkomsel,” tutup Sigit.

BACA JUGA:  Dukung PLB di Kota Bandarlampung, Pengemudi Angkot Antusias Gunakan BBM Ramah Lingkungan

Dapatkan berbagai informasi lebih lengkap mengenai ragam layanan Telkomsel Enterprise melalui www.telkomsel.com/enterprise.***