168 Mahasiswa Unila Ikuti Kompetisi ONMIPA Tingkat Universitas

ALTUMNEWS.Com, BANDARLAMPUNG — 168 mahasiswa dari FMIPA, FKIP, Fakultas Pertanian, dan Fakultas Teknik Unila mengikuti kompetisi Olimpiade Nasional bidang Matematika dan IPA Perguruan Tinggi (ONMIPA-PT) Universitas Lampung (Unila) tahun 2022.

Kompetisi dibuka secara resmi Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unila Prof. Dr. Yulianto, M.S., dan dilaksanakan secara daring pada Kamis, 23 Juni 2022.

Ketua Pelaksana ONMIPA Unila tahun 2022 Dr. rer. nat. Roniyus Marjunus, S.Si., M.Si., melaporkan, 168 peserta olimpiade tersebar pada empat bidang yang diperlombakan yakni Biologi 50 orang, Kimia 32 orang, Fisika 34 orang, dan Matematika 52 orang.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FMIPA Unila tersebut melanjutkan, pelaksanaan ONMIPA tingkat universitas dilaksanakan secara daring selama satu hari dan akan mengambil lima besar terbaik dari setiap bidangnya.

Kelima besar dari setiap bidang akan dikirim untuk mengikuti ONMIPA tingkat wilayah yang dilakukan secara daring pada minggu ketiga Juli tahun 2022.

ONMIPA merupakan salah satu kegiatan tahunan yang diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Puspresnas Kemendikbudristek RI.

Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan jumlah mahasiswa berprestasi sekaligus mendorong peningkatan prestasi mahasiswa, kemampuan akademik, wawasan, dan kecintaan mahasiswa terhadap bidang studi matematika dan ilmu pengetahuan alam, serta peningkatan kualitas perguruan tinggi.

Kompetisi ini dilakukan secara bertahap mulai dari tingkat universitas, wilayah, dan berakhir di tingkat nasional.

Prof. Yulianto berharap, kompetisi tingkat universitas ini menghasilkan juara-juara yang mampu menjadi duta-duta Unila di tingkat wilayah, selanjutnya mewakili wilayah Sumbagsel di tingkat nasional.

“Oleh sebab itu saya mohon apabila nanti setelah menghasilkan para juara di tingkat universitas, kiranya tim pembina ONMIPA Unila bisa melakukan pembinaan sebaik-baiknya sehingga wakil dari Universitas Lampung. Insyaallah tahun ini bisa mendapatkan peringkat terbaik di tingkat nasional,” ujarnya.

BACA JUGA:  Gubernur Arinal Djunaidi Terima Penghargaan Dari PT. Taspen (Persero) Kantor Cabang Bandar Lampung

Hasil pengumuman juara pada kompetisi ONMIPA Unila tahun 2022 akan diumumkan pada Senin, 27 Juni 2022 mendatang, pada acara penutupan kegiatan ONMIPA Unila tahun 2022.***