Rektor Unila Yakin Capai 100 Profesor Tahun 2023

ALTUMNEWS.Com, BANDARLAMPUNG — Universitas Lampung (Unila) pertengahan tahun 2022 ini telah menambah jumlah guru besar sebanyak 8 dosen yang telah memenuhi syarat. Dengan bertambahnya jumlah guru besar tersebut, maka total guru besar yang dimiliki Unila saat ini telah mencapai jumlah 88 orang.

Rektor Prof. Dr. Karomani, M.Si., mengatakan, dengan pertambahan guru besar diharapkan dapat menjadi faktor penentu prestasi akademik Unila hingga bisa masuk jajaran papan atas perguruan tinggi di Indonesia dan universitas di tingkat global.

“Tentu implikasi dari meningkatnya jumlah guru besar ini juga menunjang IKU (Indikator Kinerja Utama) Unila sebagai perguruan tinggi dan menunjang kinerja akademik pada umumnya,” kata Rektor.

Prof. Dr. Karomani, M.Si., menambahkan, saat ini masih ada sekitar 40 dosen dari seluruh fakultas yang memenuhi syarat guru besar yang berkas persyaratannya sedang dalam proses di Dikti. Dengan begitu, jika bertambah paling tidak 20 lagi, target capaian Unila untuk memiliki 100 guru besar pada tahun 2023 dapat tercapai.

Dibawah kepemimpinan Rektor Prof. Dr. Karomani, M.Si., pertambahan jumlah guru besar di Unila tercatat meningkat pesat terutama sejak tahun 2020. Adapun total jumlah guru besar yang dihasilkan selama 2 tahun terakhir ini mencapai 24 orang. Hal ini dibuktikan dengan data penambahan guru besar selama 5 (lima) tahun terakhir yang digambarkan dalam tabel.

Jumlah guru besar yang signifikan merupakan komitmen Rektor dan jajarannya, sehingga mempercepat kelahiran guru besar (profesor) di Unila sesuai dengan ketentuan akan mendorong iklim akademik yang kuat dan mampu menjadi perguruan tinggi unggul.

Delapan guru besar yang segera mengikuti pelantikan antara lain Prof. Dr. Herpratiwi, M.Pd.; Prof. Dr. Flora, M.Pd.; Prof. Dr. Noviany, S.Si., M.Si.; Prof. Drs. Admi Syarif, Ph.D.; Prof. Dr. Emantis Rosa, M.Biomed.; Prof. Dr. Kamisah Delilawati Pandiangan, S.Si.,M.Si.; Prof. Dr. Ir. I Gede Swibawa, M.S.; dan Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani.,D.E.A.

BACA JUGA:  Pasar Modal Indonesia Beri Bantuan Ambulans Untuk Mengoptimalkan Layanan Kesehatan

Akhirnya perlu disampaikan bahwa penambahan jumlah guru besar Universitas Lampung secara signifikan merupakan keinginan Rektor Prof. Dr. Karomani, M.Si., untuk meninggalkan legasi selama memimpin Unila.***