Lestarikan Budaya Lampung, Unila Gelar Kegiatan Kolaborasi Lintas Fakultas Pengabdian Kepada Masyarakat di Desa Negeri Katon

ALTUMNEWS.Com, PESAWARAN — Pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Universitas Lampung (Unila) dilakukan secara kolaboratif oleh para civitas akademika lintas fakultas di Desa Negeri Katon, Kabupaten Pesawaran pada tahun 2022 dalam membantu pelestarian budaya Lampung yang meliputi berbagai aspek mulai dari bisnis, hukum, teknik, sejarah, budaya, sosial, sampai dengan wisata. Capaian tersebut dimungkinkan karena ada lima tim PkM Unila yang turun langsung ke Desa Negeri Katon. Desa Negeri Katon juga merupakan desa binaan Universitas Lampung dari Puslit Budaya Lampung yang dipimpin oleh Dr. Anna Gustina Zainal, S.Sos., M.Si.

Kegiatan Kolaborasi Lintas Fakultas PkM Unila telah dilaksanakan beberapa kali mulai dari bulan Juli sampai dengan bulan September. Kegiatan yang telah dilaksanakan di bulan Juli adalah “Workshop Peningkatan Kapasitas Bisnis Melalui Pendampingan Branding Produk Tapis Desa Negeri Katon Untuk Mendukung Desa Mandiri” dan “Diseminasi Virtual Reality Warisan Sejarah Lampung dalam Pengayaan Budaya Lampung” yang dilaksanakan di Gedung Galeri Tapis Negeri Katon, Desa Negeri Katon, Pesawaran. Kegiatan tersebut diikuti sekitar 30 orang.

Antusiasme para peserta cukup tinggi, terlihat dari semangatnya untuk berbagi pada sesi diskusi. Acara tersebut didampingi oleh Redawati selaku Koordinator Gedung Galeri Tapis Negeri Katon.

Pengrajin tapis juga banyak yang berbagi suka duka bisnis sebagai pengrajin. Gita Paramita Djausal, S.IP, M.B.A (FISIP) yang menjadi Ketua Tim “Workshop Peningkatan Kapasitas Bisnis Melalui Pendampingan Branding Produk Tapis Desa Negeri Katon Untuk Mendukung Desa Mandiri” mengungkapkan bahwa banyak tahapan dalam membangun bisnis, tidak bisa berhenti sampai di produk saja.

“Harapannya melalui workshop, pengrajin tapis dapat mengangkat nilai dari tapis yang dihasilkan,” kata Gita Paramita Djausal.

BACA JUGA:  Pemprov Lampung Perkuat Data PMKS Melalui SIKS-NG

Pada bulan Agustus, kegiatan Kolaborasi Lintas Fakultas PkM Unila yang dilaksanakan adalah “Penyelesaian Sengketa Hukum Keluarga dan KDRT di Desa Negeri Katon, Pesawaran”, “Inisiasi Pembentukkan Desa Wisata Negeri Katon Melalui Pemberdayaan Masyarakat”, “Penguatan Kapasitas SDM Anggota UMKM Tapis Jejama di Desa Negeri Katon Kabupaten Pesawaran”, dan termasuk kegiatan lanjutan dari PkM Unila yang telah dilaksanakan pada bulan Juli.

Banyak ilmu yang didapatkan peserta dalam kesempatan ini, misalnya pada kegiatan “Penyelesaian Sengketa Hukum Keluarga dan KDRT di Desa Negeri Katon, Pesawaran” melalui materi disampaikan oleh Deni Achmad, S.H., M.H. (FH), para ibu rumah tangga memahami apa yang dimaksud dengan KDRT dan apakah peranan hukum dalam sengketa tersebut.

Wisata juga menjadi aspek yang penting dalam menggali potensi budaya Lampung yang ada di desa Negeri Katon Pesawaran. Lewat aplikasi ” Virtual Reality Warisan Sejarah Lampung” yang dikembangkan, Ir. Meizano Ardhi Muhammad, S.T., M.T. (FT), mengutarakan bahwa pemanfaatan teknologi digital dapat membantu memperkaya pengalaman wisatawan dan ini bisa dimanfaatkan sebagai obyek wisata di desa Negeri Katon.

“Desa Wisata perlu dibangun dengan optimal di Desa Negeri Katon karena potensi budaya Lampung yang kental memberikan pengalaman yang istimewa,” ungkap Rinaldi Bursan, S.E., M.Si (FEB).

Pengrajin Tapis di Desa Negeri Katon tergabung dalam UMKM Tapis Jejama yang dibina oleh Redawati.

Dr. Indah Listiana, S.P., M.Si. (FP) dalam kegiatannya mengupayakan penguatan kapasitas SDM agar para pengrajin tapis memiliki kualitas dan kemampuan produksi yang standar. Ir. Martinus, M.Sc. (FT) memberikan arahan terkait aspek teknis yang diperlukan untuk menghasilkan produk berkualitas.

Pada bulan September, kegiatan Kolaborasi Lintas Fakultas PkM Unila terus dilakukan. Didampingi oleh Fitri Juliana Sanjaya, M.A. (FP) bersama dengan Redawati, UMKM Tapis Jejama hadir mengisi stan di Expo Dies Natalis Universitas Lampung ke-57.

BACA JUGA:  Penerapan Prinsip ESG Terus Ditingkatkan XL Axiata Raih TOP GRC Awards 2023

Tim Kolaborasi Lintas Fakultas PkM Unila terdiri dari para dosen: Gita Paramita Djausal, S.IP., M.A.B. (FISIP), Ika Wulandari Utami Ningtias, M.Pd (FKIP), Fitri Juliana Sanjaya, S.I.P., M.A. (FISIP), Gita Hilmi Prakoso, M.A. (FISIP), Nibras Fadhlillah, M.Si (FISIP), Deni Achmad, S.H., M.H. (FH), Dewi Septiana, S.H.,M.H. (FH), Maya Shafira, S.H., M.H. (FH), Farid, S.H., M.H. (FH), Ir. Meizano Ardhi Muhammad, S.T., M.T. (FT), Ir. Martinus, M.Sc. (FT), Mahendra Pratama, S.T., M.Eng. (FT), Ir. Agus Hudoyo, M.Sc, Ph.D (FP), Rinaldi Bursan, S.E, M.Si (FEB), RA Diana Widyastuti, S.P., M.Agr (FP), Ir. Indah Nurmayasari, M.Sc. (FP), Dr. Indah Listiana, S.P., M.Si. (FP), Prof.Dr. Ir. Irwan Effendi, M.S.., Dan, para mahasiswa dan alumni: Chintya Wulandari, Salsa Putri Nurbaeti, Iftina Syahda, Rima, Mutia, Nyimas Ririn, Mita Nopia, Rara, Pratama Yuda Bagaskara, Jihan Aferiansyah, Yakub, Ibnu Al Hafidz, Elsa Ariana, Tumara Tuhandika, S.AB., dan Joni, Elsa Riana, dan Safaana Salwa Salsabilla, S.Sos.***