Peringati Hari Sukarelawan Internasional, Informa Sultan Agung Gelar Donor Darah

ALTUMNEWS.Com, BANDARLAMPUNG – Bertepatan dengan Hari Sukarelawan Internasional, Informa Sultan Agung mengadakan bakti sosial donor darah, Sabtu (3/12/2022). Kegiatan berlangsung di lantai satu Informa Sultan Agung.

Kegiatan ini digelar bertepatan dengan peringatan Hari Sukarelawan Internasional, yaitu pada tanggal 3 Desember 2022, di 40 titik toko ACE dan INFORMA yang tersebar di 27 kota di Indonesia.

Store Manager Informas Sultan Agung, Seto mengatakan donor darah ini diadakan dalam rangka Hari Sukarelawan Internasional.

“Dalam rangka Hari Sukarelawan Internasional, jadi kita memperingati itu di tanggal 3 Desember kemarin. Jadi kita serentak di ACE dan INFORMA hampir seluruh Indonesia,” kata Seto di lokasi donor darah kepada Altumnews.com, Sabtu (3/12/2022).

Menurut Seto target untuk donor darah ini adalah masyarakat luas.

“Targetnya masyarakat luas, karyawan (Informas Sultan Agung) yang mau berpartisipasi juga boleh,” kata Seto.

Seto menargetkan pada bakti sosial donor darah kali ini menargetkan 75 kantong darah.

“Pesan kami sebenarnya ini sebagai wujud komitmen Kawan Lama dalam tolong-menolong dan juga acara kemanusiaan, biar memang Kawan Lama turut berpartisipasi dalam acara tersebu,” tandasnya.

Penyelenggaraan Donor Darah Nasional yang secara rutin serentak dilaksanakan oleh Kawan Lama Group akhirnya dapat kembali terlaksana di tahun 2022, setelah dua tahun terhalang pandemi.

Melinda Pudjo selaku Vice President of Corporate Affairs, Communications, and
Sustainability Kawan Lama Group menuturkan, Program Donor Darah Nasional merupakan
kontribusi sosial di pilar kesehatan yang diinisiasi oleh Kawan Lama Group sejak 2015.

“Kami bersyukur dapat kembali menggelar kegiatan dimana para karyawan dan pelanggan dapat mendonorkan darahnya untuk membantu mereka yang membutuhkan, karena tujuan yang diusung di program ini merupakan perpanjangan tangan dari komitmen yang senantiasa kami emban, yaitu membawa nilai tambah untuk kehidupan yang lebih baik. Energi dan antusiasme dari semua pihak yang terlibat, khususnya para pendonor, mendorong kami untuk terus memastikan kegiatan Donor Darah Nasional ini dapat berjalan sukses,”

BACA JUGA:  Gubernur Arinal Djunaidi Berikan Bantuan Sosial Di Desa Rejo Katon Kabupaten Lampung Timur

Adapun 27 kota yang menjadi tempat dilaksanakannya kegiatan ini adalah DKI Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Cirebon, Tangerang Selatan, Bandung, Denpasar, Semarang, Solo, Surabaya, Tegal, Makassar, Manado, Medan, Lampung, Pekanbaru, Banjarmasin, Balikpapan, Banjarbaru, Pontianak, Samarinda, Batam, Kupang, Lombok, dan Ambon. Pada penyelenggaraannya, Kawan Lama Group juga bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia UDD (Unit Donor Darah) di setiap kota.

Kegiatan Donor Darah Nasional ini dimulai dengan registrasi sukarelawan untuk pendataan
golongan darah, kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan tekanan darah, suhu tubuh dan
riwayat sakit untuk memastikan kondisi kesehatan dari sukarelawan. Setelah kedua proses awal tersebut selesai, barulah para sukarelawan dapat mendonorkan darahnya. Adapun estimasi kantong darah yang didonorkan dalam pelaksanaan kegiatan kali ini adalah 3.000
kantong, yang akan menggenapkan jumlah total kantong darah yang terkumpul sejak tahun
pertama penyelenggaraan hingga sekarang menjadi 20.000 kantong.

“Donor Darah ini juga diharapkan dapat memantik rasa tolong-menolong dan ikatan
persaudaraan dengan sesama kita. Harapannya tentu, kami dapat terus menggelar kegiatan
yang menjadi salah satu wujud komitmen Kawan Lama Group terhadap kemanusiaan ini di tahun-tahun mendatang,” tutup Melinda.***