Divre IV Tanjungkarang Turut Mendukung dan Menyukseskan Gerakan Satu Juta Pohon Untuk Indonesia

ALTUMNEWS.Com, NATAR — PT Kereta Api Indonesia (Persero) turut menyukseskan program Hari Gerakan Satu Juta Pohon dengan melakukan penanaman pohon serentak pada Selasa 10 Januari 2023 di berbagai wilayah kerjanya yang mencakup Daerah Operasi, Divisi Regional, Balai Yasa, dan Anak Perusahaan. Khususnya di wilayah Operasional Divre IV Tanjungkarang, aksi penghijauan ruang publik ini secara seremonial dilaksanakan di Stasiun Rejosari tepatnya di Rejosari Farm, Selasa (10/1).

Rejosari farm merupakan salah satu wujud pemanfaatan aset KAI yang berada di Stasiun Rejosari, Natar, Lampung Selatan sebagai wadah pengembangan SDM
yang akan memasuki purna tugas berupa penggemukan kambing, perkebunan sayur organik hidroponik, budidaya ikan nila dan budidaya madu lebah klenceng yang dikelola oleh PT KAI Divre IV Tanjungkarang.

Penanaman pohon ini merupakan salah satu upaya Divre IV Tanjungkarang dalam mendukung program pemerintah yaitu Gerakan Satu Juta Pohon yang diperingati setiap tanggal 10 Januari. Penanaman pohon secara serentak ini juga merupakan salah satu bagian dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan KAI Divre IV Tanjungkarang melalui program KAI Go Green.

Kabag Humas Divre IV Tanjungkarang, Jaka Jarkasih mengatakan, program penghijauan melalui penanaman pohon serentak ini ditujukan untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan dapat menangkal polusi udara.

“Penanaman pohon ini merupakan salah satu pelaksanaan program strategis perusahaan yang sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dari PBB terkait melindungi, merestorasi dan meningkatkan pemanfaatan berkelanjutan ekosistem daratan,” ujar Jaka.

Program penghijauan di Rejosari Farm tersebut dilakukan dengan menanam pohon Ketapang Kencana, trembesi, tabebuya, pule, dan buah-buahan. Adapun secara keseluruhan penanaman serentak ini dilakukan di berbagai stasiun, lingkungan kantor dan aset perusahaan lainnya dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas udara agar semakin baik.

BACA JUGA:  Tingkatkan Keselamatan, Divre IV Tanjungkarang Kembali Tutup Sejumlah Perlintasan Sebidang

Langkah penghijauan di Lingkungan Operasional Divre IV Tanjungkarang ini juga dilakukan dengan pembuatan taman-taman di area stasiun yang merupakan bagian dari peningkatan pelayanan kepada para pelanggan. Dengan semakin banyak stasiun yang asri dan indah maka pelanggan akan merasa nyaman saat akan menggunakan layanan kereta api. Di samping itu, penanaman pohon secara masif yang KAI lakukan merupakan salah satu upaya untuk mengamankan jalur kereta api dari bahaya longsor dan banjir yang membahayakan perjalanan kereta api.

Dukungan KAI Divre IV Tanjungkarang pada program Hari Gerakan Satu Juta Pohon ini sejalan dengan pernyataan Presiden Joko Widodo pada konferensi G20 dimana Indonesia berkontribusi dalam menangani perubahan iklim dan mengelola lingkungan secara berkelanjutan.

Sampai dengan tahun 2022, KAI telah melakukan penanaman pohon sebanyak 300 pohon. Di awal 2023 ini, Divre IV memulai tahun dengan penanaman pohon untuk menunjukkan bahwa Divre IV tidak hanya mencari keuntungan melalui operasional kereta api, tetapi juga menjalankan ESG yang menaruh kepedulian terhadap kelestarian lingkungan, sosial, dan governance.

“Gerakan KAI dalam Hari Gerakan Satu Juta Pohon ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam upaya mengurangi pemanasan global sekaligus membantu pemerintah dalam pencapaian target emisi nol pada tahun 2060,” tutup Jaka.***