Gubernur Arinal Apresiasi Dibukanya Penerbangan Air Asia Lampung – Jakarta, Diharapkan Dukung Pengembangan Pariwisata Daerah

ALTUMNEWS.Com, LAMPUNG SELATAN —– Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengapresiasi dibukanya penerbangan AirAsia rute Lampung – Jakarta dan diharapkan dapat mengembangkan potensi pariwisata di daerah Lampung.

Hal itu disampaikan Gubernur saat menyaksikan Inagurasi Penerbangan Perdana Maskapai AirAsia Rute Lampung – Jakarta di Ruang Tunggu Keberangkatan Gate 3 Bandar Radin Inten II, Minggu (16/4/2023).

Arinal mengatakan kehadiran maskapai AirAsia ini ikut turut serta dalam pengembangan pariwisata Lampung yang secara langsung berdampak pada peningkatan perekonomian.

“Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada AirAsia Indonesia sehingga dapat terwujudnya pelayanan penerbangan Lampung – Jakarta yang penerbangannya dimulai pada hari ini,” ujar Arinal.

Arinal mengatakan dengan potensi pariwisata luar biasa yang dimiliki Lampung, untuk juga dikembangkan penambahan rute lainnya seperti Yogyakarta dan Denpasar.

Apalagi menurut Gubernur, dihari pertama ini saja, masyarakat yang menggunakan maskapai AirAsia dari Jakarta menuju Lampung penuh penumpang.

Dalam kesempatan itu, Arinal juga turut menyapa masyarakat pengguna maskapai AirAsia yang baru turun memasuki Bandara Radin Inten II.

“Baru pertama kali melaksanakan rute menuju Lampung, tapi penumpangnya penuh dan saat saya bertanya kepada masyarakat yang datang menggunakan AirAsia, dia merasa nyaman dan harga terjangkau,” katanya.

Arinal berharap AirAsia juga untuk bisa menjadi pionir dalam mengembangkan pelayanan penerbangan rute internasional seperti ke Malaysia, Singapura, Hongkong, China, termasuk Jeddah/ Madinah.

“Meski harga terjangkau atau relatif lebih murah, mudah-mudahan AirAsia terus bisa konsisten dalam mewujudkan pelayanan yang baik dan menyenangkan,” ujarnya.

Arinal menyebutkan ke depan, Bandara Radin Inten II sendiri akan melakukan pengembangan yaitu akan dikembangkannya Kawasan Kesehatan Internasional dan Aerotropolis.

“Pemerintah Provinsi Lampung sudah menyiapkan lahan 114 Hektare yang akan didirikan Rumah Sakit Internasional, sehingga masyarakat tidak lagi berobat keluar negeri tetapi cukup dikawasan bandara ini,” katanya.

BACA JUGA:  ITERA Lakukan Wisuda Daring 345 Mahasiswa

Arinal meminta dukungan semua pihak untuk terwujudnya pengembangan Rumah Sakit Internasional tersebut.

“Kita sama-sama berdoa agar secepatnya dapat terealisasi dan ini sudah di programkan bersama Menteri BUMN dan Menteri Perhubungan. Insha Allah dalam waktu yang tidak terlalu lama untuk ini segera terwujud,” katanya.

Sementara itu, Direktur Operasi AirAsia Indonesia┬áCapt. Wuri Septiawan mengatakan pihaknya menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada jajaran Pemerintah Provinsi Lampung atas dukungan yang luar biasa untuk bisa bersama-sama mewujudkan pembukaan rute Jakarta – Lampung dan Lampung – Jakarta.

Ia menuturkan pembukaan rute ini kembali membuktikan komitmen AirAsia terhadap pengembangan wisata di Indonesia.

“Sebagai maskapai berbiaya hemat terbaik dunia yang memiliki jaringan kuat ke berbagai negara, AirAsia terus melakukan berbagai upaya mendukung pariwisata di Indonesia melalui berbagai kolaborasi bersama pemerintah pusat, daerah dan para pemangku kepentingan dalam industri pariwisata,” ujar Wuri.

Menurutnya, dengan membuka rute ini, AirAsia berkontribusi dalam memberikan pilihan penerbangan yang terjangkau yang diharapkan akan dapat membawa lebih banyak penumpang berwisata ke Provinsi Lampung.

Selain mendukung pertumbuhan pariwisata, Ia mengatakan untuk jangka pendek pembukaan rute ini juga mendukung arus mudik lebaran tahun 2023.

“Kami percaya bahwa potensi pariwisata Lampung akan semakin berkembang karena rute ini terkoneksi berbagai rute internasional AirAsia seperti Singapura dan Malaysia yang merupakan sumber pasar wisata mancanegara utama untuk Indonesia,” katanya.

Wuri menjelaskan pihaknya memulai penerbangan rute ini dengan frekuensi 4 kali seminggu.

“Dan kami akan senantiasa melakukan evaluasi untuk melihat peluang melakukan ekspansi layanan rute ini sesuai dengan permintaan penumpang. Dengan dukungan dari Pemerintah Provinsi Lampung dan Bandara Radin Inten II kami yakin rute ini akan menjadi populer,” ujarnya.

BACA JUGA:  Gandeng Ormas Lintas Agama, PDKI Keuskupan Tanjungkarang Akan Gelar Khitanan Massal

Executive General Manager PT Angkasa Pura II Bandara Raden Intan II Lampung Untung Basuki mengatakan merupakan hal yang tepat bagi AirAsia membuka rute penerbangan di Lampung.

Menurutnya, banyak sekali objek-objek wisata yang ada di Lampung yang tidak boleh dilewatkan bagi masyarakat Indonesia.

“AirAsia memilih Lampung karena salah satu andalan di Lampung ini adalah objek wisatanya. Mudah-mudahan pariwisata di Lampung dapat meningkat dan juga Provinsi Lampung semakin berjaya,” katanya.***

Komentar