Tahbisan Uskup Keuskupan Tanjungkarang Mgr. Vinsensius Setiawan Triatmojo, Uskup Baru untuk Lampung

ALTUMNEWS.Com, BANDARLAMPUNG — Setelah diumumkan secara resmi pada 17 Desember 2022, Mgr. Vinsensius Setiawan Triatmojo akan ditahbiskan sebagai Uskup Keuskupan Tanjungkarang pada Senin 1 Mei 2023 di Gereja Ratu Damai Telukbetung. Direncanakan Penahbis Utama adalah Uskup Agung Palembang Mgr. Yohanes Harun Yuwono, Uskup Agung Palembang sekaligus Administrator Apostolik Keuskupan Tanjungkarang saat ini, didampingi Uskup Emeritus Mgr. Aloysius Sudarso SCJ dari Keuskupan Agung Palembang dan Mgr. Kornelius Sipayung OFM.Cap dari Keuskupan Agung Medan.

Lebih dari 30 Uskup dari seluruh wilayah yang ada di Indonesia ikut hadir dalam acara besar bagi umat Katolik Lampung ini. Bahkan turut hadir Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, Mgr. Piero Pioppo. Tidak seperti tahbisan lazimnya yang dihadiri oleh seluruh umat tak terbatas, acara besar ini diselenggarakan secara sederhana, dan terbatas. Selain perwakilan umat Katolik, undangan juga terdiri dari wakil dari umat beriman lain, dan unsur pemerintah daerah Lampung.

Mgr. Avin, panggilan dari Mgr. Vinsensius Setiawan Triatmojo, menjadi Uskup Keuskupan Tanjungkarang setelah tahta lowong lebih dari satu tahun usai penunjukan Mgr. Harun sebagai Uskup Agung Palembang. Mgr. Avin merupakan pastor projo Keuskupan Agung Palembang kelahiran Sindang Jati, Rejang Lebong, Curup Bengkulu, 5 April 1971, putra ketiga dari 9 bersaudara, dari pasangan Bapak Paulus Mikhael Sukidi dan Ibu Maria Magdalena Sutarti. Pada 25 Januari lalu, dia telah menjalani imamat selama 23 tahun.

“In Verbo Tuo Laxabo Rete”, atau diterjemahkan “Tapi Karena SabdaMu, Kutebarkan Jala Juga”, merupakan motto yang diangkat oleh Mgr. Avin dalam tahbisannya sebagai Uskup. Motto pastoral ini pernah digulati oleh Mgr. Avin dalam hidupnya dan sudah muncul sebagai judul lagu yang dia ciptakan. Bukan hanya “In Verbo Tuo”, Mgr. Avin sudah menciptakan 60 lagu rohani maupun bukan rohani sepanjang perjalanan hidupnya sampai kini.

BACA JUGA:  Dukung Program Pencegahan Covid-19, PGN Tingkatkan Transaksi Non Tunai di SPBG

Upacara tahbisan uskup bukan sekadar kegiatan resmi, tapi merupakan upacara keagamaan yang disiapkan untuk terselenggara secara khusyuk. Persiapan dilakukan oleh umat sejak setahun lalu dengan doa khusus memohon uskup baru dalam setiap Ekaristi di seluruh paroki yang ada di Keuskupan Tanjungkarang. Menjelang upacara tahbisan, diadakan Triduum yaitu ibadat Vesper dan Ekaristi selama tiga hari di seluruh paroki.

Sebelum penahbisan dilaksanakan Vesper Agung yang dipimpin oleh Mgr. Vitus Rubianto Solichin SX, Uskup Keuskupan Sufragan Padang pada Minggu, 30 April 2023. Dalam Vesper Agung dilaksanakan pengikraran kesetiaan kepada Bapa Suci dan pengakuan iman Uskup, pemberkatan insignia atau penanda uskup seperti cicin, kalung salib, tongkat penggembala yang digunakan uskup terpilih dalam tugas penggembalaannya. Rangkaian ibadat Vesper Agung ini pun diselenggarakan secara terbatas.

Ketua Panitia Tahbisan Uskup, RD. Apolonius Basuki, dalam tulisannya di buku kenangan meminta maaf kepada seluruh umat Katolik Keuskupan Tanjungkarang karena membatasi kehadiran umat. Umat yang tidak bisa hadir difasilitasi dengan chanel Youtube dari Komsos Tanjungkarang untuk mengikuti seluruh rangkaian upacara tahbisan uskup.***