Mahasiswa Unila Raih Juara Tiga dalam Lomba Conceptual Design Aplikasi Wisata

ALTUMNEWS.Com, BANDARLAMPUNG — Mahasiswa Universitas Lampung (Unila) Muhammad Hanif berhasil meraih juara tiga dalam event Lampung Begawi yang diselenggarakan Bank Indonesia wilayah Lampung bekerja sama dengan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung.

Hanif, yang merupakan mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) program studi Ilmu Komputer 2020, menunjukkan prestasinya dalam Lomba Conceptual Design Aplikasi Wisata.

Event ini diadakan dalam rentang waktu 1 hingga 13 Mei 2023 dan terdiri dari dua tahap, yaitu penyisihan dari tanggal 1 hingga 11 Mei 2023 secara daring, sedangkan final yang diadakan secara offline pada 13 Mei 2023 di Lampung City Mall, Telukbetung, Bandarlampung.

Peserta lomba sebanyak 16 orang berasal dari berbagai universitas terbaik di Lampung, baik negeri maupun swasta.

Hanif menjelaskan, tujuan dari perlombaan ini adalah untuk membangkitkan minat, bakat, dan kreativitas masyarakat, khususnya mahasiswa, dalam mendesain aplikasi wisata yang mendukung program pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif Provinsi Lampung.

“Saya mengikuti perlombaan ini karena desain dan editing merupakan passion yang sudah saya jalani dalam kurun waktu kurang lebih empat tahun. Dalam perlombaan ini saya ingin mengimplementasikan kemampuan khusus melalui aplikasi yang saya rancang yaitu Jola (Journey Lampung),” ujar Muhammad Hanif ketika diwawancara tim website.

Aplikasi yang dirancang Hanif, yaitu Jola (Journey Lampung) merupakan aplikasi perjalanan dengan pengalaman wisata di daerah Lampung. Aplikasi ini bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam merencanakan liburan mereka ke daerah Lampung.

Beberapa fitur yang disediakan antara lain informasi terkini tentang destinasi wisata, filter destinasi, fitur kategori, notifikasi, pencarian destinasi wisata, serta akomodasi pariwisata mulai dari transportasi hingga hotel yang ada di Lampung.

BACA JUGA:  FH Unila Gelar Ujian Terbuka Promosi Doktor Ilmu Hukum

Melalui aplikasi Jola (Journey Lampung), Hanif berharap para wisatawan dapat lebih mudah mencari informasi mengenai destinasi wisata, akomodasi, transportasi, kuliner, dan berbagai fasilitas lainnya yang ada di Lampung.

Aplikasi ini diharapkan dapat membantu wisatawan merencanakan perjalanan mereka ke daerah Lampung dan memperoleh informasi seputar wisata yang ada di sana.

Keberhasilan Hanif dalam ajang ini juga menunjukkan mahasiswa dapat berkontribusi aktif dalam pengembangan program pariwisata dan ekonomi kreatif melalui kemampuan dan passion yang dimilikinya.***