Tim PKM-K Unila Luncurkan Inovasi Produk Usaha TELABO Sebagai Produk Teh Herbal

ALTUMNEWS.Com, BANDARLAMPUNG — Mahasiswa Fakultas Pertanian (FP) Universitas Lampung (Unila) yang tergabung ke dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) meluncurkan inovasi produk usaha baru bernama TELABO.

TELABO merupakan singkatan dari Tisane Bomb Tea. Pemilihan kata bomb karena isomalt yang berbentuk bulat akan mencair saat ditambahkan air panas dan membuat tisane keluar dari dalam bulatan isomalt.

Tim PKM-K FP Unila yang dibimbing oleh Diki Danar Tri Winanti S.T.P., M.Si., ini diketuai Aji Satriya, dan beranggotakan Dea Meranda, Natasya Aurellia, Wulan Nur Aisyah dari Program Studi (Prodi) Teknologi Hasil Pertanian dan Ryan Alfianto Wahyudi dari prodi Penyuluhan Pertanian.

Adapun tim PKM-K FP Unila tersebut merupakan salah satu dari 23 tim PKM yang lolos pendanaan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) dari Unila.

Aji mengatakan bahwa produk TELABO berawal dari keinginan mereka untuk membuat minuman herbal yang unik dan dari bahan yang kurang terkenal tetapi memiliki khasiat yang luar biasa. TELABO tercipta dari bahan dasar rumput mutiara sebagai gulma dan lada hitam yang juga sebagai ikon dari Provinsi Lampung.

TELABO merupakan jenis tisane (teh herbal) yang menggunakan bahan-bahan herbal yang kaya akan manfaat seperti rumput mutiara sebagai bahan utama, dengan kandungan asam oleanoat dan asam ursolat dapat menghambat perkembangan kanker, ada hitam dengan kandungan antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas, lemon kering dengan kandungan flavonoid baik sebagai antioksidan, dan bunga kenikir dengan kandungan lutein membantu melindungi sel dari radikal bebas.

Bahan-bahan tersebut kemudian dibungkus dalam isomalt yang dibuat berbentuk bulat sebagai wadah primer yang dapat ikut diseduh. Isomalt juga sebagai pengganti gula putih yang memiliki angka glikemik rendah sehingga tidak menaikkan gula darah,

BACA JUGA:  Kasat Pol PP Provinsi Lampung Terima Penghargaan atas Penilaian Keberhasilan Penyelenggaraan Trantibum dan Linmas

Produk ini dibandrol dengan harga Rp25.000,- per box dan setiap box berisi 3 buah TELABO. Sejauh ini Tim PKM-K memasarkan produknya melalui sosial media, bazar, maupun dari mulut ke mulut.

Aji menyatakan, produk TELABO memiliki beberapa keunggulan diantaranya, kaya akan antioksidan, mengandung asam ursolat dan asam oleanolat yang berfungsi sebagai preventif bahaya zat karsinogen, isomalt yang tidak menaikan kadar gula dalam darah, dan penyajian produk dikemas dalam bentuk bomb tea untuk memudahkan penyajian.

Aji berharap agar produk TELABO ini bisa dikenal luas oleh masyarakat dan semakin berkembang untuk kedepannya.

“Semoga produk kami dapat menjadi usaha yang terus berkelanjutan meskipun program PKM telah selesai,” ujar Aji.***