Mahasiswa ITERA Temukan Hero Mask, Produk Masker Kepala Aromatik bagi Pengendara Sepeda Motor

ALTUMNEWS.Com, BANDARLAMPUNG — Tim mahasiswa Institut Teknologi Sumatera (ITERA) membuat produk berupa masker kepala aromatik bagi pengendara sepeda motor.

Tim yang diketuai oleh Surya Christien Manurung ini melakukan inovasi melalui pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang kewirausahaan (2024) dari Kemendikbud Dikti. Kegiatan ini dimulai dari bulan April 2024.

Anggota tim terdiri dari Khoirum Fahra Della (Teknologi Pangan 2021), I Nyoman Darmante (Teknologi Pangan 2022), Aisya Habibatul Kautsar (Teknologi Pangan 2022), dan Kevin Naufal Dany (Teknik Informatika 2022).

Para mahasiswa ini dibimbing oleh Zada Agna Talitha, S.T.P., M.Si selaku dosen pembimbing.

Hero-Mask merupakan sebuah produk inovasi berupa masker kepala aromatik berbahan dasar gel lidah buaya dengan varian aroma yang menyegarkan yaitu pandan wangi dan jeruk purut.

Ketua Tim Surya Christien Manurung mengatakan penggunaan lidah buaya sebagai bahan dasar pembuatan masker kepala aromatik yaitu mampu mengontrol kelembaban kulit kepala serta menekan pertumbuhan jamur akibat ketombe.

“Pandan wangi dan jeruk purut memiliki aroma khas yang mampu memberikan kesan healing treatment pada pengguna,” jelas
Christien dalam siaran pers yang diterima Altumnews.com, Kamis (11/7/2024).

Menurut Christien adanya pengembangan inovasi berupa masker kepala aromatik (Hero-Mask) ini didasari pada masalah rambut dan kulit kepala bagi pengendara motor.

“Penggunaan helm secara terus menerus serta cuaca panas akan mengakibatkan kulit kepala terasa panas serta menimbulkan bau tidak sedap dan ketombe. Hal ini yang mendasari terciptanya produk masker kepala aromatik (Hero mask), ” ucapnya.

Pembuatan Hero mask katanya dilakukan di Laboratorium Rekayasa ITERA. “Hero mask dibuat dengan mencampurkan gel lidah buaya dengan bahan pembuat lainnya, kemudian dicampur kembali dengan bubuk aromatik pandan wangi atau jeruk purut. Setelah itu dikemas dan siap untuk dipasarkan,” jelas Christien.

BACA JUGA:  Ketua Kwarda Lampung Resmikan Satuan Karya Pramuka Pengawasan Obat dan Makanan

Ditegaskan Christien masker kepala aromatik (Hero mask) ini ditujukan bagi para pengendara motor yang kesehariannya menggunakan helm dan sering bepergian. “Serta masyarakat sekitar Itera dan Bandar Lampung, dimana Lampung memiliki kondisi cuaca yang cukup panas,” pungkasnya.***