Bank Lampung dan BI Gelar Sosialisasi Ciri Uang Rupiah Asli

0
169
Bank Lampung dan BI gelar sosialisasi ciri uang rupiah asli di Ballroom Bukit Randu, Bandar Lampung, Sabtu (4/5).

ALTUMNEWS.com, BANDAR LAMPUNG — Sosialisasi serta pelatihan bagi 150 pegawai Bank Lampung pada Sabtu, 04 Mei 2019 lalu di Ballroom Bukit Randu menjadi tindak lanjut dari  komitmen dan sinergi Bank Lampung dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung pada 1 April 2019 kemarin.

Dimana BI dan perbankan se-Provinsi Lampung berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan uang rupiah di masyarakat dalam jumlah nominal yang cukup dan dalam kondisi yang layak edar.

“Hari ini Bank Lampung bekerjasama dengan Bank Indonesia melaksanakan Sosialisasi tentang ciri keaslian uang dan ketentuan penukaran uang serta pelatihan sortasi bagi seluruh front liner yg berhubungan dengan uang tunai. Mereka adalah Supervisor, Kuasa Kas dan Teller sekitar 150 orang.” Kata Direktur Bisnis Bank Lampung Nurdin Hasboena.

Menurut Nurdin, sosialisasi ini juga merupakan bagian  Training Need Analisys (TNA) yang telah menjadi agenda pelatihan yang dijadikan  kopetensi inti dari pekerja Bank Lampung khususnya para front liner, sekaligus pemantapan menjelang Idul Fitri agar masalah penukaran uang nantinya tidak menimbulkan kendala.

“Kita berharap teman-teman makin paham bagaimana melayani penukaran uang. Kalau kemarin belum begitu banyak masyarakat yang melakukan penukaran tapi menjelang Idul Fitri pasti banyak orang yang melakukan penukaran. Bank Lampung merupakan sarana masyarakat yang ingin menukarkan uang dan kami siap melayaninya,” jelasnya.

Bank Lampung juga akan mengoperasikan mobil kas keliling di area tertentu seperti pasar, pusat-pusat keramaian namun untuk penukaran paling banyak dilakukan di kantor-kantor pelayanan Bank Lampung. Apalagi hampir setiap kantor pelayanan Bank Lampung menjadi tempat penukaran uang.

Menurut Sutono Kepala Tim Pengelolaan Uang Rupiah Bank Indonesia Perwakilan Lampung, pelatihan dan sosialisasi hari ini adalah untuk memberikan edukasi pada pegawai Bank Lampung dimana menjelang Ramadhan ini kita mengantisipasi peredaran uang palsu dan kita memberikan informasi pada masyarakat bahwa seluruh kantor pelayanan Bank Lampung melayani penukaran uang.

BACA JUGA:  Amankan Malam Natal di Gereja Katedral Kristus Raja, Keterlibatan Pramuka Bentuk Keindahan Bertoleransi

Dalam sosialisasi ini juga akan membahas tentang seberapa besar uang yang rusak itu diganti. Hal ini juga untuk menghindari kerugian masyarakat.

Target yang ingin di capai dari kegiatan ini agar seluruh pegawai bank Lampung memahami akan ciri – ciri keaslian uang rupiah dan bisa disebarkan ke masyarakat minimal ke keluarga masing-masing.

Dalam sosialisasi ini juga akan membahas tentang seberapa besar yang rusak itu diganti. Hal ini juga untuk menghindari kerugian masyarakat.***

Editor : Robert

Facebook Comments