Forum Sosialisasi Pasar Digital dan Peningkatan Ekonomi Rakyat di Era 4.0, Upaya Kemkominfo Dorong UMKM untuk Go Global

0
156

ALTUMNEWS.com, BANDAR LAMPUNG – Direktorat Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim mengadakan kegiatan Forum Sosialisasi Pasar Digital dan Peningkatan Ekonomi Rakyat di Era 4.0. Kegiatan ini diadakan mengingat akan pentingnya edukasi dan pemahaman kepada masyarakat tentang pemanfaatan E-Commerce serta meningkatkan kualitas dan daya saing produk UMKM Indonesia yang akan menyasar para pelaku di seluruh Indonesia.

Forum Sosialisasi Pasar Digital dan Peningkatan Ekonomi Rakyat di Era 4.0. merupakan wadah sosialisasi di mana masyarakat sebagai peserta forum dapat berinteraksi langsung dengan para narasumber terkait tema yang diangkat.

Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Kemaritiman Kemkominfo RI, Septriana Tangkary mengatakan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendidik dan mendorong masyarakat untuk memaksimalkan marketplace dalam transaksi dagang (E-Commerce) serta pengembangan industri melalui jualan online dengan skala global.

Kegiatan ini berlangsung pada Kamis, 23 Mei 2019, Pukul 08.00-selesai. Bertempat di Balai Keratun Pemerintah Provinsi Lampung Jln. Wolter Monginsidi, Gotong Royong, Tj. Karang Pusat, Kota Bandar Lampung.

Septriana mengatakan e-commerce Indonesia menyumbang 1 dolar AS dari tiap 2 dolar AS yang dibelanjakan di Asia Tenggara. Artinya, e-commerce Indonesia telah menyumbang 50 persen transaksi belanja online di kawasan tersebut. Nilai ini merupakan yang terbesar di Asia Tenggara. UMKM dapat memanfaatkan marketplace agar dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Dengan perkembangan digital yang sangat pesat sudah saatnya Indonesia tidak hanya menjadi target pasar.

Dengan semakin banyaknya UKM yang terlibat dalam ekonomi digital melalui pita lebar, bisnis elektronik, media sosial, teknologi awan, dan platform telepon seluler atau ponsel, UKM dapat bertumbuh lebih cepat dari segi pendapatan dan penyediaan lapangan kerja, serta menjadi lebih inovatif dan lebih kompetitif menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

BACA JUGA:  Polda Lampung Suarakan Pemilu Serentak 2019 yang aman, damai, dan sejuk di Lampung Utara

Sementara itu, Kadis Perdagangan Provinsi Lampung, Satria Alam mengatakan, Lampung saat ini memiliki 168.258 unit UMKM terdiri dari 142.000 UMKM usaha mikro, 25.539 UMKM usaha kecil dan 704 UMKM usaha menengah.

Melalui pengenalan dan edukasi program market digital ini menurut Satria, diharapkan dapat memperluas pemasaran di tingkat regional hingga internasional.***

Editor : Robert

Facebook Comments