oleh

Ari Wijaya dari Lampung Wakili Tagana Bantu Korban Bencana di Kalimantan Tengah

 ALTUMNEWS.com, BANDARLAMPUNG – Ari Wijaya, personil Taruna Siaga Bencana (Tagana) dari Provinsi Lampung terpilih untuk membantu korban banjir di Provinsi Kalimantan Tengah beberapa waktu lalu.

Sebagaimana diketahui, pada 6 September 2020 terjadi banjir di Provinsi Kalimantan Tengah. Akibat bencana ini mengakibatkan 17.665 kepala keluaraga (kk) dan 40.353 jiwa terdampak.

Ari Wijaya tergabung dalam Tim Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial (PSKBS) Ditjen Linjamsos Kementrian Sosial RI. Tim ini terdiri dari 3 personil diantaranya ; Bekty Hariwibawa dari Kementerian Sosial, Wibe personil Tagana Jawa Tengah dan Ari Wijaya personil Tagana Lampung.

Diceritakan Ari Wijaya, kegiatan Tim Dit PSKBA yang dilaksanakan oleh Kementerian Sosial di Kabupaten Katinggan, Seruyan, Kota Waringin Timur, difokuskan kepada korban yang berdasarkan hasil asesmen, terdampak bencana banjir yang dirasa cukup berat.

“Kegiatan tim di lokasi banjir menitik berat kan pada alur pelayanan pendistribusian logistik, dapur umum, serta tersedianya layanan dukungan psikososial,” jelasnya saat berbincang dengan Altumnews.com, Kamis (15/10/2020).

Ari Wijaya mengatakan, terputusnya akses jalan darat di lokasi banjir sehingga dibutuhkan pendistribusiaan logistik melalui jalur udara dan air.

“Pelaksanan dapur umum dilaksanakan oleh masyakat di setiap kecamatan di masing-masing kabupaten. titik penggungsian berada di masing-masing kecamatan kabupaten terdampak,” katanya.

Menurutnya Tim PSKBS pada kesempatan itu juga memberikan pemahaman kepada relawan Tagana dan KSB  tentang kondisi wilayah serta pentingnya koordinasi agar dalam pelaksanaan dan penanganan dapat tersentral.

“Pentingnya koordinasi lintas sektoral antara Dinas Sosial, BPBD, TNI, POLRI serta masyarakat peduli kemanusian berjalan dengan baik. Proses pelayanan kepada masyarakat terdamapak bencana harus sesuai prosedur sehingga berlajalan dengan tepat,” pungkasnya.***

Editor : Robertus Bejo

Komentar

News Feed