oleh

Puskopdit Caraka Utama Peringati Credit Union Day 2020 Dengan Tema Harapan Yang Menginspirasi Untuk Komunitas Global

ALTUMNEWS.com, BANDARLAMPUNG — Setiap tahun, Asosiasi Nasional Credit Union, Dewan Serikat Kredit Dunia, dan serikat kredit di seluruh dunia, bergabung bersama untuk merayakan Credit Union Day untuk meningkatkan kesadaran tentang apa artinya bagi anggota di seluruh dunia untuk memiliki serikat kredit sebagai mitra keuangan mereka.

Pandemi COVID-19 tahun ini sulit terjadi di mana-mana, terutama dari segi keuangan. Koperasi kredit tetap berpegang pada prinsip kerja sama mereka dan meningkat selama masa ketidakpastian ini. Tema Hari Credit Union Day tahun ini, “Harapan yang menginspirasi untuk komunitas global,” mencerminkan bagaimana credit unions berkontribusi untuk masa depan yang lebih cerah dengan memberikan pemberdayaan keuangan melalui layanan keuangan, pendidikan, dan dukungan.

Di Provinsi Lampung, Pusat Koperasi Kredit (Puskopdit) Caraka Utama pun merayakan walau diselimuti kesederhanaan, karena masa pandemi Covid-19. Perayaan yang disiarkan secara daring ini berlangsung di Kantor Puskopdit Caraka Utama, Jalan ZA Pagar Alam Rajabasa Bandarlampung, Kamis 15 Oktober 2020.

Ketua Puskopdit Caraka Utama, Yohanes De Deo Widyastoko, kepada awak media mengatakan peringatan CU Day berlangsung pada minggu ketiga bulan Oktober, dirayakan di seluruh negara.

“Peringatan CU Day punya keunikan karena tidak menetapkan tanggal tapi justru menetapkan hari. Tema kali ini adalah “Inspiring Hope For Global Community” maksudnya adalah bahwa CU itu menjadi harapan dan inspirasi dari banyak orang yang mau terlibat untuk mencapai tujuan finansial mereka, “ jelas De Deo, begitu Ketua Puskopdit Caraka Utama akrab disapa.

De Deo mengatakan walau peringatan CU Day tahun ini diperingati secara sederhana namun harapannya dapat menginspirasi banyak orang.

“Maka kita mencoba mengadakan kegiatan yang sederhana tapi paling tidak menginspirasi, mengingatkan kembali ke banyak orang bahwa koperasi punya keistimewaan, dan berkoperasi adalah cara yang tepat untuk mencapai tujuan finansial mereka, yang kemudian nanti mereka harus mencapai ke tujuan sosial,” jelas De Deo.

Menurutnya, sesuai dengan tema peringatan CU Day tahun ini, yang paling mendasar adalah semua harus bergerak untuk membantu penyelamatan bumi.

“Adanya Covid-19 yang banyak berdampak juga pada perekonomian, kondisi gerakan kita di Lampung, kita memang melihat tidak terlalu berdampak signifikan, walaupun ada, koperasi atau anggota yang terdampak, maka kita mencoba untuk melakukan banyak hal tapi yang penting bahwa kita tidak akan meninggalkan pendidikan yang menjadi dasar dari gerakan koperasi ini,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Lampung, Dr. Agus Nompitu menegaskan dukungan spirit dukungan pada peringatan CU Day 2020.

“Oleh sebab itu spirit utamanya adalah prinsip kepercayaan yang harus dibangun, juga kepercayaan terhadap institusinya, sehingga dapat meyakinkan  publik termasuk anggota, yang tujuannya ialah dapat meningkat pendapatan untuk kesejahteraan,” katanya.

Dr. Gusnom, begitu sapaan akrab Dr. Agus Nompitu menekankan akan pentinggnya menjaga kepercayaan masyarakat terhadap koperasi kredit  di Lampung.

“Bahwa Kepercayaan publik harus kita jaga, koperasi kredit simpan pinjam di Provinsi Lampung ini harus terus kita dorong khususnya dalam hal persoalan tata kelola. Karena yang kita harapkan kalau koperasi kredit koperasi simpan pinjam itu adalah menyangkut kesehatan koperasinya, sehat keuangannya, likuiditasnya, termasuk tata kelola manajemen keuangan kelembagaan ini yang harus kita tingkatkan. Oleh sebab itu KSP-KSP harus menjaga kepercayaan dan SDM pengelolaannya harus yang profesional tersertifikasi,” tegasnya.

Pada kesempatan itu juga, mewakili Pemerintah Provinsi Lampung, Dr. Gusnom mengucapkan selamat memperingati Credit Union Day.

“Kami atas nama Pemerintah Provinsi Lampung, Dinas Koperasi UKM Provinsi Lampung mengucapkan selamat ulang tahun kepada Credit Union mudah-mudahan Credit Union akan terus mendapatkan kepercayaan dari anggota dan masyarakat, dapat membangun ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan anggota maupun masyarakat,” pungkasnya.***

Editor : Robertus Bejo

Komentar

News Feed