Beri Permudah, BPJS Kesehatan Bandarlampung Terapkan Pandawa

ALTUMNEWS.com, BANDARLAMPUNG – Semakin meningkatnya kasus Covid-19 di Tanah Air, membuat BPJS Kesehatan Cabang Bandarlampung mengalihkan pelayanan tatap muka dengan memperkenalkan program administrasi melalui WhatsApp (Pandawa).

Program Pandawa yang diluncurkan BPJS Kesehatan, diharapkan dapat bermanfaat untuk masyarakat yang ingin mengakses layanan BPJS Kesehatan tanpa perlu datang ke Kantor BPJS Kesehatan, sehingga mengurangi risiko penularan Covid-19.

“Pandawa merupakan pelayanan tanpa tatap muka untuk meminimalisir penyebaran Covid–19, dan juga untuk memberikan kemudahan bagi peserta JKN-KIS,” kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bandarlampung Agus Wibowo dalam konferensi pers di Bandarlampung, 21 Oktober 2020.

Agus Wibowo berharap Program Pandawa ini dapat memberikan kemudahan bagi peserta yang ingin mengurus administrasi BPJS Kesehatan.

“Tanpa harus keluar rumah, cukup lewat smartphone, peserta sudah bisa mendapatkan pelayanan administrasi BPJS Kesehatan tanpa khawatir risiko tertular virus Covid–19.  Sejak Senin 14 September 2020 layanan ini mulai diterapkan, dengan menghubungi nomor layanan 0812 7866 1061 melalui Whatsapp,” jelasnya.

Menurutnya, pelayanan Pandawa dapat diakses pada hari kerja mulai pukul 08.00 sampai 15.00 WIB, cukup dengan chatt ke nomor WhatsApp 0812 7866 1061, selanjutnya peserta akan dilayani sesuai kebutuhan administrasinya.

Sebagai informass, pelayanan administrasi yang dapat dilakukan melalui Pandawa antara lain pendaftaran peserta baru, pendaftaran bayi baru lahir, penambahan anggota keluarga, ubah jenis kepesertaan, ubah data identitas, ubah data golongan dan gaji, penonaktifan peserta meninggal, perubahan Fasilitas kesehatan (Faskes), perbaikan data ganda dan pengaktifan kembali.

Dengan mulai dilaksanakannya pelayanan Pandawa ini peserta tetap bisa mengakses layanan non tatap muka melalui Aplikasi Mobile JKN, Care Center BPJS Kesehatan 24 Jam di 1500 400 serta CHIKA (Chat Assistant JKN).***

Editor : Robert

BACA JUGA:  KIS Jadi Program Pemerintah Paling Dirasakan Manfaatnya Versi Alvara Research